Menguak Sejarah Singkat Kyai Syamsuddin Al Hafidz (KSA)


Pati,Isknews.com Linta Pati-Sosok Kyai Syamsuddin Al  Hafidz (KSA) penyebar agama islam di wilayah Kecamatan Sukolilo pada tahun 80an,ialah tokoh ulama yang sangat dikagumi sebagian warga Sukolilo. Pasalnya, berkat keyakinan dan kerja keras beliau dalam menyebarkan agama islam di wilayah Kecamatan Sukolilo ia mampu merubah paradikma warga masyarakat yang mana pada waktu itu masih awam dengan agama islam atau dalam bahasa warga sekitar di sebut abangan.

Warga yang masih banyak menganut ajaran dari lelur sehingga minim akan keberadaan tempat ibadah seperti mushola atau masjid,  Karna rumor yang beredar dimasyarakat pada waktu itu jika ada yang mendirikan masjid diwilayah sukolilo bisa jadi yang mendirikan akan mati. Namun dengan keyakinan yang keras beliau mampu mendirikan masjid di Dukuh Misik Desa Sukolilo. Atas keberanian beliau tersebut hingga sampai sekarang pembangunan masjid di wilayah Kecamatan Sukolilo berkembang pesat.

BACA JUGA :  30 September 2016 Batas Deadline Perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik ( e-KTP )

Tak hanya itu, Beliau adalah sosok alhafidz pertama kali di Desa Sukolilo dan salah satu penyebar ilmu alquran khusunya di daerah Pati selatan dan sekitarnya, pada waktu itu bayak sekali pemuda pemudi yang nyantri berguru ilmu al quran pada beliau hingga sampe ratusan bahkan yang datang dari desa desa tetangga pun juga banyak.
lebih lanjut, Beliau jaga adalah salah satu santri kesayangan KH mbah Abdullah salam (mbah dullah) kajen margoyoso. Hingga Berkat jasanya beliau yang sangat dikenang warga masyarakat Desa Sukolilo setiap 15 Suro makam beliau yang terletak di komlek pemakaman Sentono Dukuh Bowong Desa Sukolilo berlangsung Haul Kyai Syamsuddin Al Hafiz (KSA) .

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post