Menpan dan RB : Kudus Bisa Jadi Contoh Bagi Daerah Lain, Bila Bisa Capai Standar Pelayanan Publik Nasional

Menpan dan RB : Kudus Bisa Jadi Contoh Bagi Daerah Lain, Bila Bisa Capai Standar Pelayanan Publik Nasional

Kudus, isknews.com – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Republik Indonesia Yuddy Crisnandi., besert315169-meme-you-had-one-joba rombongan, siang tadi melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kudus, Jum’at (15/7).

Kunjungan Menteri dan rombongan yang pertama adalah ke Mapolres Kudus, pada sekitar pukul 15.00 dan disambut oleh Kapolres Kudus, AKBP Andy Rifai, Wakapolres dan unsur perwira di jajaran Kepolisian Resort  Kudus, dalam rangkaian kunjungan ini menteri sempat melakukan peninjauan Kantor Pos jaga, kantor Pelayanan SIM ,dan ruang Aula Mapolres Kudus.

Di Mapolres menteri menyampaikan, karena pelayanan di sebuah kepolisian memang paling banyak bersinggungan dengan masyarakat, maka untuk itu para petugas kepolisian yang berjaga diharapkan berwajah ramah dan sabar serta murah senyum. ”Harus ada peningkatan dan evaluasi, seperti halnya petugas yang memberikan pelayanan pelayanan yang SIM dan SKCK, agar diupayakan dapat memberikan layanan hingga ke kecamatan,” ujar Menteri.

BACA JUGA :  Semua Fraksi Nyatakan Mosi Tidak Percaya Pada Pimpinan DPRD Kudus

Yuddy juga menambahkan, “Pelayanannya di Polres Kudus susah cukup bagus. Namun kualitas pelayanan harus tetap ditingkatkan dan untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan terhadap masyarakat, sehingga masyarakat merasa nyaman saat mengadu,” ungkapnya.

03Sementara itu Kapolres Kudus AKBP Andy Rifai, dalam penjelasannya mengatakan, “Dalam penjelasannya, Yuddy meminta kepolisian Kapolres Kudus, AKBP Andy Rifai, mengatakan pihaknya terus berupaya memberikan layanan yang ramah kepada masyarakat. Dalam pembuatan SIM, misalnya, pihaknya juga menyediakan ruang aduan yang berada di dekat loket antrian. “Kami juga menyediakan sistem SMS gateway,” jelas Andi/

Pada sekitar pukul 15.40 WIB Menpan dan RB meninggalkan Mapolres Kudus menuju Pendopo Kabupaten Kudus , di pendopo  rombongan menteri  diterima oleh Bupati Kudus, Musthofa yang  didampingi Sekda Noor Yasin, para Asisten Bupati dan para Kadinas Kabupaten Kudus.

BACA JUGA :  49 Motor Dinas dibagikan di Pendopo Kabupaten Kudus

Menpan dan RB dijamu di ruang transit Bupati, untuk mendengar penjelasan Bupati Musthofa terkait aparatur di jajarannya.  Dalam sambutannya  Yuddy menyampaikan, “ Wilayah Kabupaten Kudus kedepan perlu adanya pencanangan program yang lebih baik dalam berbagai bidang maupun instansi sehingga tercipta birokrasi yang betul-betul mampu memberikan layanan dalam berbagai hal terhadap masyarkat dan Kabupaten Kudus diharapkan bisa menjadi contoh daerah lain yang berada di sekitar Kabupaten Kudus” tuturnya.

“Kabupaten Kudus sudah punya modal, salah satunya dalam hal tata kelola pemeritahannya sudah bagus, sehingga kekurangan yang ada bisa segera diperbaiki, Semua daerah yang menjadi percontohan, kata dia, harus memiliki standar pelayanan yang sama, misalnya pelayanan dasar KTP yang terbaik dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Denpasar dan Badung, maka kabupaten/kota lainnya harus mencontohnya, ” Katanya.

BACA JUGA :  Bupati Serahkan Santunan Kematian Untuk Warga 9 Kecamatan Di 3 Lokasi

“Selain lembaga kementerian di tingkat pusat juga diambil sampel kota-kota yang dijadikan contoh nasional agar bisa ditiru kota-kota lain di dalam pengelolaan kota yang baik,  Apabila Kabupaten Kudus bisa mencapai standar pelayanan publik nasional,maka kabupaten atau kota lain bisa belajar ke Kudus.” ujarnya.

Yuddi juga sempat menyentil , “Kantor pelayanan SIM dan tempat ujian praktek Polres Kudus tempatnya kurang memenuhi standar karena terlalu sempit , untuk itu harus segera di kembangkan sehingga bisa memenuhi standard” katanya. Diharapkan pada tahun 2019 Indonesia mampu menciptakan wilayah- wilayah yang benar-benar birokrasinya baik dan bermanfaat bagi masyarakat, Rombongan menteri meninggalkan pendopo pada sekitar pukul 16.40. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
/div>

Share This Post