Menteri Perhubungan RI Bakal Beli Kapal Tradisional

by

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Untuk lestarikan kearifan lokal pembuat kapal tradisional Menteri Perhubungan RI bakal beli Kapal tradisional. Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, saat bercakap dengan pengrajin kapal di Juwana Kemarin Kamis, (22/3).

Menteri Perhubungan RI, menganggarkan untuk membeli kapal tradisional sebesar 200 miliar, untuk 100 kapal, untuk itu satu kapal dibeli senilai 2 miliar.

TRENDING :  BP2MK Wajibkan UNBK Ke Semua SMA Di Pati

Kapal yang dibeli oleh Pemerintah yang berkapasitas dibawah 50 GT itu, akan digunakan sebagai pendistribusian logistik atau sebagai transportasi laut dan keperluan lainya kedaerah pulau terpencil di Nusantara. Untuk itu kapal tersebut tidak perlu alat tangkap ikan lagi.

“Pengrajin ini tidak banyak orang yang bisa melakukan, kearifan lokal seperti ini harus terus dilestarikan. Makanya, kami lebih memilih produksi dari para pembuat kapal tradisional, kualitasnya pun tidak kalah,” jelas Budi.

TRENDING :  TAK BERIJIN, KONSER DANGDUT DI PATI DIBUBARKAN APARAT

Lanjutnya, saat ini kompetisi industri pembuatan kapal di dunia begitu ketat. Sehingga, kalau dibiarkan terus menerus pengrajin tradisional akan tersingkir. Untuk mengatasi hal itu, pemerintah memberikan subsidi agar mereka berdaya saing.

Selain subsidi, tungku dapur para pengrajin kapal agar tetap mengepul, pemerintah akan membeli kapal hasil karya dari pengrajin kapal tersebut. keahlian turun-temurun ini akan tetap lestari. “Pemerintah ingin mereka tetap survive di tengah persaingan,” katanya.

TRENDING :  ARUS BALIK BELUM NAMPAK

Ditanya tentang pelabuhan di Juwana, yang beberapa waktu lalu santer terdengar. Budi menyampaikan pihaknya saat ini masih melakukan penelitian. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*