Menuju Politeknik, Akbid Kudus Masih Dalam Proses Kelengkapan Persyaratan

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Akademi Kebidanan (Akbid) Kudus berencana mengalihkan status menjadi Politeknik. Persyaratan dalam memenuhi alih status tersebut sudah dipersiapkan jauh-jauh hari, termasuk kelengkapan persyaratan lalu mematuhi peraturan dan perundang-udangan yang berlaku, yakni diantaranya dosen harus S2 linier maupun rumpun.

Hal itu dikatakan Direktur Akbid Kudus Trisno Suwandi, usai mengikuti kegiatan pemasangan Kap Profesi, kepada mahasiswa tingkat I yang berjumlah 23 orang di Aula Akbid Kudus, Selasa (19/2/2019).

Dijabarkan Trisno Suwandi terkait persyaratannya, Dosen di setiap program studi (Prodi) Kebidanan harus sudah S2 kebidanan atau Magister Ilmu Kesehatan.

TRENDING :  Warga Dihimbau Jeli Saat Belanja Produk Hasil Peternakan di Pasar

“Untuk prodi tersebut tidak ada persoalan. Justru, kendala yang masih kita usahakan ada pada ketersediaan sumber daya manusia (SDM) pada prodi baru yang kami dibentuk,” ujarnya.

Ditambahkan, dua prodi baru sudah terpenuhi persyaratannya yakni Prodi DIV Gizi Klinis suda ada enam dosen S2 yang linier, kemudian Prodi DIV Bisnis Makanan sudah dapat lima dosen S2 juga. “Memang aturan sekarang harus memenuhi dosen lima S2 per prodi.,” tuturnya.

TRENDING :  Penderita Gagal Ginjal Harus Lakukan Diet

“Untuk prodi dua tersebut sudah lengkap, tapi masih ada yang kurang yakni Teknologi Laboratorium Medis, masih kurang satu, baru dapat empat. Untuk Teknologi Laboratorium Medis, salah satu dosen harus ada latar belakang rekam medik atau analis., kami sudah mencari tapi belum dapat yang S2,” tandasnya.

Trisno juga mengungkapkan, syarat berikutnya yayasan harus memiliki tanah minimal 5.000 meter persegi. Saat ini masih proses akta, dan Akbid Kudus dimiliki 5.200.

TRENDING :  Taksi Online Resahkan Armada Konvensional

“Selanjutnya terkait pendanaan juga diatur. Tiap prodi harus memiliki dana sebesar Rp 3,2 miliar. Untuk lainnya tidak terjadi persoalan, dan tinggal satu dosen yang belum terpenuhi. Lalu untuk lokasi Akbid yang ditempati sekarang statusnya masih sewa. “Sudah berjalan 5 tahun, masih ada 15 tahun. Nantinya sambil jalan dipersiapkan, semoga bisa terlaksana sesuai target yang telah ditentukan,” harapnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :