Menyerbu Pasar Kliwon Di Bawah Pimpinan Kasipers

Menyerbu Pasar Kliwon Di Bawah Pimpinan Kasipers

Kudus,isknews.com– Usai mengikuti kegiatan upacara pembukaan TMMD Reg Ke-98 di Desa Kandangmas Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, Ibu-Ibu Persit dari Korem 073/MKT Salatiga melepas lelah sejenak dengan berbelanja di Pasar Kliwon Kecamatan Kota Kudus yang di pimpin Kasiter Korem 073/MKT Letkol (K) Caj Ruruh Windaryani. Selasa (05/04) siang.

Pasar Kliwon merupakan pasar terbesar di Kota Kudus. Dinamakan pasar Kliwon karena dulu pertama kali pasar ini hanya buka pada hari kliwon saja (penanggalan jawa). Tetapi sekarang karena sudah ramai dan menjadi pasar terbesar di Kota kudus bahkan di Karisidenan Pati maka pasar ini kemudian buka setiap hari.

TRENDING :  Pertandingan Pencak Silat Tingkat Kabupaten Jepara Dibuka Danramil Mayong

Pasar yang di renovasi menjadi bangunan tiga lantai setelah mengalami kebakaran pada tahun 1996 ini merupakan pusat grosir textil dan konveksi terbesar se-Karisidenan Pati. Terdiri dari 2.355 kios yang 75 % nya merupakan kios grosir konveksi dan tekstil ini, di akui paling murah di tingkat Karisidenan pati bahkan mungkin jawa tengah, kata Hasyim salah satu petugas parkir di Pasar Kliwon.

Tidak sedikit para pedagang dari luar jawa yang mengambil dagangannya di Pasar Kliwon ini. “Seperti dari Kalimantan, Madura, terutama dari Maluku mereka mengambil barangnya di sini”. Ungkapnya
Dengan perputaran uang yang mencapai 1.5 Milyar perhari dan menyerap tenaga kerja sekita 2.800 orang, Pasar Kliwon bisa menyumbangkan dana ke kas daerah dari pendapatan pajak secara keseluruhan sekitar 5.5 juta per harinya.

TRENDING :  Riwayat Pasar Kliwon Kudus Yang Melegenda

Disamping sebagai pusat grosir tekstil dan konveksi di pasar ini kita juga bisa menikmati berbagi masakan khas Kudus. Dari soto kudus, nasi pindang, lentog tanjung sampai kuliner minuman seperti es dawet dan lain sebagainya.

Di sela-sela belanja di Pasar Kliwon Kasipers Korem 073/MKT Salatiga Letkol (K) Caj Ruruh Windaryani mengatakan Pasar Kliwon merupakan barometer peningkatan perekonomian masyarakat Kudus dan sekitarnya. Dengan melihat ramai tidaknya Pasar Kliwon kita bisa melihat perekonomian di Kota Kudus dan Sekitarnya. Jika Pasar Kliwon ini ramai berarti ekonomi warga masyarakat sekitar kudus secara umum relatif bagus,” ungkapnya sambil mencicipi Es Cendol khas Kliwon.

TRENDING :  Lantai Tiga Pasar Kliwon Mulai Difungsikan

Ditambahkan oleh Ruruh, bahwa sengaja rombongan ibu-ibu Korem mampir ke Pasar Kliwon karena sekedar melihat dan melepas lelah setelah sibuk mengikuti kegiatan upacara pembukaan TMMD Reg Ke-98 Kodim 0722/Kudus.(*)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Post Comment

*