Menyongsong MEA, Siapkan Tenaga Kerja Berdaya Saing Tinggi

by
SMK N 2 Pati ISKNEWS.COM
Foto: Peserta uji kompetensi sedang mengutak-atik mesin sebuah mobil minibus di Tempat Uji Kompetensi (TUK) SMKN 2 Pati, Kamis (26-04-2018) (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Menyambut era global tenaga kerja dan menyongsong masyarakat pasar bebas atau ekonomi asean (MEA), lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus siap dan mampu bersaing dengan tenaga kerja lainnya, salah satunya dengan mengikuti uji kompetensi.

Menjawab tantangan tersebut, SMK N 2 Pati melaksanakan uji kompetensi program pelaksaan sertifikasi sektor. Uji kompetensi ini dilaksanakan sejak tanggal 21 hingga 25 April kemarin di Tempat Uji Kompetensi (TUK) SMKN 2 Pati.

Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 SMKN 2 Pati, Ngarpani mengungkapkan, sedikitnya sekitar 300 siswa mengikuti ujian ini. Baik dari siswa SMKN 2 Pati sendiri maupun SMK lainnya.

TRENDING :  Proyek Operasi Nasional Agraria (PRONA) Harus Transparan Kepada Masyarakat Atau Pemohon

”Sekolah kami telah memiliki lisensi, jadi dapat menyelenggarakan uji kompetensi ini sendiri,” papar Ngarpani.

Uji kompetensi yang dilakukan, yaitu skema tune up konvensional dan juga injeksi. Ada enam mobil yang digunakan untuk uji kompetensi. Tiga mobil konvensional dan tiga mobil injeksi.

TRENDING :  548 Mahasiswa KKN Unisnu Ditarik

Uji kompetensi ini, lanjut Ngarpani, merupakan bagian dari instruksi presiden, yang tertuang dalam Inpres No.9 Tahun 2016. Salah satunya berisi tentang mempercepat sertifikasi calon tenaga kerja.

TRENDING :  Babinsa Laksanakan Pengawalan dan Mendorong Upsus Sergap Beras ke Bulog

KOMENTAR SEDULUR ISK :