“Merawat Tradisi Mengawal NKRI” Tema Kirab Merah Putih Harlah Anshor Ke 83

“Merawat Tradisi Mengawal NKRI” Tema Kirab Merah Putih Harlah Anshor Ke 83

Kudus, isknews.com – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Kudus, siang tadi menggelar acara Kirab Merah Putih dan Apel Kesetiaan Pancasila dalam rangka memperingati Harlah Anshor ke 83. Acara yang merupakan agenda rutin PC Anshor Kudus pada setiap memperingati hari kelahirannya, Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 14.30 WIB ini diikuti oleh sebanyak 3.500 peserta yang merupakan kader-kader struktural NU termasuk badan otonomnya. Minggu (30/4/17).

Kegiatan diawali dengan kirab merah putih yang mengambil start dari lapangan kirig hingga finish di Lapangan Gelanggang Pancasila Desa Mejobo, Kecamatan Mejobo, Kudus. Para peserta berjalan kaki pawai mengiringi puluhan bendera merah putih dan panji-panji Nahdlatul Ulama beserta badan otonomnya.

TRENDING :  Robby Ilham Zulianto Terpilih Ketua PR IPM Ahmad Dahlan

Ketika sampai finish, peserta langsung mengikuti apel kesetiaan Pancasila. Apel yang dipimpin Komandan Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser Kudus Wawan Awaludin dan inpektur Ketua PC GP Ansor H Sarmanto ini berlangsung khidmat. Dalam apel tersebut, peserta mengucapkan butir-butir Pancasila sekaligus mengikrarkan kesetiaan terhadap Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia.

TRENDING :  Peringati Harlah NU Ke 94, PCNU Pati Gelar Sosialisasi Perwakafan Dan Pendataan Aset NU

H. Sarmanto mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud komitmen NU dan Ansor menjaga kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan memperkokoh Pancasila. Sebagai organisasi pemuda NU, tandasnya, Ansor selalu siap menjadi garda terdepan mengawal Pancasila dan NKRI.

“Mengingat akhir-akhir ini muncul paham atau kelompok yang ingin mengusung ideologi bukan Pancasila. Hal Ini tidak boleh terjadi, dasar negara Pancasila sudah final, Harapan kami melalui kegiatan ini untuk mengingatkan masyarakat supaya memahami dasar negara Indonesia adalah Pancasila,” jelas Sarmanto.

Apel dan kirab Merah Putih dengan inspektur apel H.M Sarmanto, S.Pd.I serta Komandan apel Wawan Awaludin, Satkorcab Banser Kab Kudus, pada kali ini mengusung, tema “Merawat tradisi, mengawal NKRI” yang diketua panitiya oleh M Nailal Mustagfirin.
Apel yang diikuti oleh, Ansor, Banser, Muslimat, Fatayat, IPNU-IPPNU Kudus, PMII serta siswa-siswi dari SMK Assaidiyah. Ditampilkan pula dalam acara tersebut Perguruan bela diri pencak silat NU Pagar Nusa yang mendemonstrasikan kecakapannya, Kelompok marching band dan Kelompok kesenian Barongsai. (YM)

TRENDING :  Agenda Laskar merah Putih & Kwarcab Kudus Peringati HUT RI ke-71 & Pramuka ke-55
KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Post Comment

*