Meriah, Puncak Peringatan HUT Yogya Ke 260

by

Yogyakarta, isknews.com – Puncak peringatan hari ulang tahun ke-260 Kota Yogyakarta berlangsung meriah. Tugu Pal Yogyakarta disulap megah dengan puluhan lampu sorot warna-warni di beberapa sisi. Dua layar besar dipasang di bagian barat dan timur. Setiap tanggal 7 Oktober 2016 Kota Yogya merayakan ulang tahunnya, hampir seluruh warga masyarakat ikut merayakannya. Sebenarnya tidak ada yang tahu pasti kapan tanggal berapa berdirinya Yogyakarta.
Setelah dilakukan study sejarah oleh beberapa ahli, diambil kesepakatan tanggal 07 Oktober sebagai hari ulang tahun Yogyakarta. Walikota Yogyakarta pada saat itu, Herry Zudianto berusaha menggali kembali sejarah berdirinya kota ini.

TRENDING :  Dilalui Karnaval, Lalulintas Cepu Dialihkan

Sepanjang Jalan Mangkubumi dipasang janur kuning di sisi jalan dan beberapa pernak-pernik tradisional Jawa, hampir seluruh warga masyarakat ikut merayakannya, rangkaian acara HUT Kota Yogya ini akan berlangsung Jumat-Minggui, Demikian dilaporkan oleh reporter isknews.com Erwin Santoso dan Attamzis dari Yogyakarta.

Pawai Budaya yang diikuti oleh lebih dari 4.000 peserta dari berbagai elemen masyarakat, seperti civitas akademika kampus, pelaku usaha, dunia wisata, hingga seniman. Berbagai atraksi dan beragam pertunjukan seni ditampilkan. Dari 45 kelurahan di Kota Yogya, semua tampil dengan beragam pertunjukan seni masing-masing. Seperti, adanya pasukan Bregodo dengan alunan musik tradisi, Kuda Lumping dengan Barongan dan Penari Ludruknya, Barongsai, tarian Sri Rejeki hingga kisah cinta Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Bahkan sendra tari Ramayana juga diperag cukup apik dengan banyak penari yang mengen topeng ala Buto Cakil dan Hanoman.

KOMENTAR SEDULUR ISK :