Meriah, Ribuan Warga Saksikan Arak-arakan Puluhan Gunungan Sewu Kupat

oleh

Kudus,  ISKNEWS.COM – Ribuan orang hadiri tradisi Sewu Kupat Kanjeng Sunan Muria tahun 1439 H/2018 M di Taman Ria Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, Jumat (22/6/2018) pagi.

“Tradisi ini diikuti sekitar 1500 orang dengan menyiapkan jumlah gunungan ketupat lepet dan hasil bumi 20 gunungan dari perwakilan masing-masing Desa Se-Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus,” Kata Ketua Panitia Susatyo.

Sewu Kupat Kanjeng Sunan Muria tahun 2018 sudah memasuki Tahun ke-11. Dikatakan Susatyo, Acara ini sudah dimulai satu hari sebelumnya. Yaitu dengan manaqiban di makam Sunan Muria yang digelar selepas Maghrib. Esok paginya (Jumat pagi sekitar pukul 08.00), sejumlah gunungan ketupat kembali didoakan dan diarak dari makam Sunan Muria di puncak Gunung menuju lokasi acara, Taman Ria Colo.

TRENDING :  Pelaku UMKM Diedukasi Pasarkan Produk Melalui Internet

Sekitar pukul 10.00 WIB, Seluruh gunungan kupat dan lepet masuk lokasi depan panggung Taman Ria dan acara prosesi selesai kemudian Kupat lepet dipersilahkan untuk dinikmati oleh para tamu undangan dan pengunjung yang hadir.

TRENDING :  Gali Potensi Lokal Lewat Lomba

Selain Bupati Kudus, Musthofa, nampak hadir pula Letkol Inf Sentot Dwi Purnomo (Dandim 0722/Kudus), AKBP Agusman Gurning (Kapolres Kudus), Herlina Setyiorini (Kajari Kudus), Frida Ariyani (Ketua PN Kudus), Yusuf Rony (Ketua DPRD Kabupaten Kudus), Sujatmiko (Plt Sekda Kabupaten Kudus), para asisten 1,2 dan 3 Kabupaten Kudus dan Yuli Kasianto (Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus).

TRENDING :  Robot, Tank Dan Kapal Meriahkan Tradisi Baratan di Kudus

Selain itu, hadir dari akademisi, Suparnyo (Rektor UMK), Jajaran OPD Kabupaten Kudus, Muspika Kecamatan Dawe, para Kades se Kecamatan Dawe, Anggota Koramil dan Polsek Dawe, tokoh agama (Toga) tokoh masyarakat (Tomas) dan masyarakat sekitar maupun warga dari luar Kabupaten Kudus. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :