Meski Cuaca Kurang Mendukung, Antusias Anak-anak Untuk Laksanakan Manasik Haji Tetap Tinggi

Kudus, isknews.com – Sabtu (8/10) pagi tadi berlangsung juga kegiatan manasik haji di lapangan Alun-alun Simpang Tujuh Kudus.
Meskipun sejak pagi cuaca terpantau mendung gelap disertai hujan dengan intensitas sedang dan hampir merata di seluruh Kota Kudus yang tanpa terkecuali juga mengguyur di sekitar alun-alun Simpang tujuh Kudus, namun antusias dan semangat anak-anak untuk tetap melaksanakan kegiatan manasik haji terpancar dari wajah mereka.

Ketua pelaksana ketika ditemui oleh tim isknews.com yakni Ibu Nurul Rosita menyampaikan bahwa, meskipun sedikit hujan namun acara tidak mungkin ditunda mengingat persiapan yang dilakukan sudah menyeluruh.
“Wali murid sudah kami himbau sebelumnya agar persiapan membawa jas hujan untuk mengantisipasi jika turun hujan”, imbuhnya.
Sebelum acara dimulai, anak-anak memang sempat dipakaikan jas hujan, namun cuaca kembali terang saat prosesi manasik haji dimulai.

Baca Juga :  Kisah Aufa Santri cilik Yanbu'ul Qur'an Kudus dari Bontang Kalimantan Timur

Sementara itu Kepala UPT Kec. Kota Bapak Suharto S.Pd, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan manasik haji ini acara yang akan sangat berkesan di masa kecil bagi anak-anak. Beliau juga meminta semua tamu undangan yang hadir disana untuk memberikan tepuk tangan sebagai apresiasi atas kegiatan yang tengah berlangsung.

Acara yang rutin dilaksanakan setiap tahun itu di ikuti oleh 776 anak dan 113 guru dari 12 lembaga PAUD, antara lain: TKIT Umar Bin Khathab, KBIT Umar Bin Khathab, PAUD IT Usman Bin Affan, PAUD TPQ Rohmatul Ummah, KB Syamsa Auladina, TKIT Al Kautsar, PAUD IT Al Qolam, PAUD TPA Hanifa, PAUD IT Bintang Belia, KB Uswatul Mardliyah, RAT Al Wildan, dan KB Al Islam.

Baca Juga :  Terapy Melalui Buku RSSA Dr Elim Ajak Anak-anak Disabhilitas Kunjungi Perpusda

Dalam acara inti, anak-anak yang di dampingi oleh guru diajak dan dikenalkan dengan rangkaian kegiatan layaknya ibadah haji di Mekkah, mulai dari Miqot, Arofah, Muzdalifah, Mabid di Mina, Melempar Jumroh (Ula, Wustho, Aqobah), Tahallul 1, Thawaf, Maqom Ibrahim, Minum Air zam-zam, Sa’i dari Shofa ke Marwa, dan Tahallul 2.
Terlihat kecapek’an memang, namun semangat anak-anak tetap nampak dari keceriaan dan antusias mereka ketika melaksanakan manasik haji pagi tadi.
Seperti tujuan dari diadakannya kegiatan tersebut yakni mengenalkan ibadah haji sebagai rukun Islam ke 5 bagi anak-anak, yang diharapkan mampu menjadi bekal untuk mereka semua dikehidupannya nanti.

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?