Minim Anggaran Kegiatan Kepemudaan di Kudus

Minim Anggaran Kegiatan Kepemudaan di Kudus

Kudus, isknews.com – Anggaran kegiatan kepemudaan di lingkungan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, bisa dikatakan sangat minim. Karena keterbatasan dana itu, berakibat kegiatan yang dilakukan oleh bidang kepemudaan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait itu, menjadi kurang maksimal.

Kepala Bidang Kepemudaan Disdikpora Kabupaten Kudus, Minan Mochammad, yang dihubungi isknews.com, Selasa (05/09), membenarkan hal itu. Menurut dia, besarnya anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan kepemudaan di Kabupaten Kudus pada 2017 ini, hanya sebesar Rp 25 juta per tahun. “Dana dari APBD Kabupaten Kudus Tahun Anggaran 2017 itu, diperuntukkan kegiatan selama satu tahun anggaran.”

Dalam pelaksanaan kegiatan itu, lanjutnya, pihaknya sebagai pejabat baru yang dilantik sekitar dua bulan lalu, hanya tinggal meneruskan program pejabat sebelumnya. Berdasarkan data yang ada, kegiatan yang sudah dilakukan oleh bidang kepemudaan, adalah sosialisasi penyalah gunaan narkoba dan obat terlarang, sosialisasi bahaya merokok, serta seleksi perekrutan anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka).
“Masih ada lagi yang belum dilaksanakan, yakni pameran karya pemuda. Kegiatan ini direncanakan akan diadakan pada Oktober 2017, dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2017.”

Menyoroti kegiatan kepemudaan di Kabupaten Kudus selama ini, cenderung lebih ke prestasi bidang olah raga. Padahal banyak bakat atau potensi yang bisa diangkat dari pemuda dan remaja, seperti bidang seni, baik itu seni suara, seni rupa, seni tarti, ilmiah dan juga ketrampilan. “Yang diperlukan bukan hanya anggaran, tetapi juga motivasi dan wadah untuk menyalurkan bakat dan potensi tersebut,” tegas Kabid Kepemudaan Disdikpora Kabupaten Kudus itu. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Tonton Nirmala Ala MA Banat NU Kudus

Share This Post