Minimalisir Banjir, Trotoar Direhabilitasi

Minimalisir Banjir, Trotoar Direhabilitasi

Rembang, isknews.com (Lintas Rembang) – Pembuatan trotoar di pusat kecamatan Pamotan masuk wilayah desa menelan anggaran sebesar 2,3 miliar. Hal tersebut dilakukan Pemerintah Kabupaten Rembang agar penataan kota di Pamotan semakin indah dan meminimalisir terjadinya banjir.

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz, S.Pdi saat kegiatan Dinamika Pembangunan di pendapa Pamotan mengatakan, penataan di kecamatan Pamotan tidak hanya indah tapi juga memiliki fungsi. Kualitas rehabilitasi trotoar ini pun dibuat sebaik mungkin.

TRENDING :  Antrean Kendaraan Terlihat Cukup Panjang Di Pintu Masuk Rembang

“Rehabilitasi trotoar ini disamping untuk keindahan kota juga untuk mengurangi banjir. Yudit untuk saluran airnya berstandar nasional SNI, didatangkan dari Tangerang. Diperkirakan 30 tahun tidak rusak,” tuturnya.

Bupati juga menjelaskan kenapa lokasi pembuatan saluran air dan trotoar di sebelah barat jalan, karena memang juga menjadi solusi penanganan banjir. Selama ini wilayah kantor kecamatan sampai Koramil selalu banjir saat musim penghujan.

TRENDING :  Rehabilitasi Kantor UPT Pendidikan Jati Kudus Tanpa Keramik Dan Plafon

“Kenapa dideleh kono,nak ono wong pamotan seng ngomong mulane cedak omahe bupati ditata liyane ora. Ada fungsi untuk solusi penanganan banjir, soale nak wayah rending komplek Kecamatan sampe Koramil niku areal banjir, la niku nek tak pecah ono seng ngulon, ono seng ngidul, ono seng ngetan Insyaallah mangke banjir ora nek tengah ratan, dene nek iseh banjir mergo ancen gedene banyu,”terangnya.

TRENDING :  Untuk Ciptakan Kamtibmas Perlu Adanya Sinergitas Dan Kerjasama

Trotoar ini dibangun sepanjang 730 meter dari mulai SMPN 1 Pamotan sampai Koramil Pamotan. Untuk bagian timur, trotoar tidak dipasang yudit namun diberi pralon karena dekat dengan sungai, sehingga air akan langsung dialirkan ke sungai.

Dengan anggaran yang disiapkan oleh pemkab Rembang sekitar Rp. 3 miliar. Pembuatan trotoar nantinya akan dilanjutkan ke selatan di tahun 2018. (rtw)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post