Miris, Pelukis Background Ketoprak di Pati Makin Langka

by
ISKNEWS.COM

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Banyaknya kelompok kesenian ketoprak di Kabupaten Pati, saat ini semakin membuat eksistensi kesenian tradisional tersebut tetap lestari. Diperkirakan, ada ratusan kelompok atau grup kesenian ketoprak di penjuru Bumi Mina Tani.
Sayangnya, hal itu tidak sepadan dengan pembuat background ketoprak. Di Kabupaten Pati, seniman pembuat background ketoprak hanya ada dua orang. Salah satunya, Bedik warga Desa Raci, Kecamatan Batangan, Pati.

“Profesi seperti saya ini sudah jarang sekali di Pati. Setahu saya, hanya dua orang seniman pelukis background. Padahal, jumlah grup ketoprak di Pati ratusan jumlahnya,” tuturnya, Minggu (14/05/2017).ISKNEWS.COM

Dalam sekali pementasan, satu kelompok ketoprak bisa menggunakan puluhan background disetiap sesi alur ceritanya. Namun demikian, seniman lukis pembuat background sudah sangat langka dijumpai.

TRENDING :  Innalillah, Jemaah Haji Asal Kudus Meninggal di Tanah Suci, Berikut Identitasnya

“Biasnya, saya diminta untuk memperbaiki atau melukis ulang background yang sudah kusam. Juga, membuat background baru tergantung latar yang diminta grup ketoprak,” beber Bedik.

Bedrik mengaku, sudah bertahun-tahun menekuni profesi melukis background ketoprak ini. Ratusan lukisan background ketoprak sudah dia buat, yang biasa mewarnai pertunjukkan ketoprak, sebagai instrument kesenian tradisional tersebut.

TRENDING :  Dishub Tak Bisa Eksekusi Gembok Roda Kendaraan, Ini Sebabnya

KOMENTAR SEDULUR ISK :