Modal Untuk Bersaing Dengan Produk Lokal Lain, Harus Variatif dan Kreatif

Modal Untuk Bersaing Dengan Produk Lokal Lain, Harus Variatif dan Kreatif

Pati, Isknews.com (Lintas Pati) – Dinas Ketahanan Pangan Dorong Usaha Kreatif Bagi Ibu Pati untuk memanfaatkan pekarangan rumah secara optimal. Dinas ketahanan pangan memberikan pemahaman kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Kabupaten Pati. Sehingga pekarangan rumah yang terbengkalai, dapat ditanami berbagai macam tumbuhan yang dapat di olah menjadi berbagai jenis makanan yang menarik.

Kasi Ketahanan Pangan Sulasmi mengatakan kepada wartawan isknews.com, Jumat (17/3). Sedikitnya di Kabupaten Pati sendiri KWT yang telah di bina ada 85 kelompok. Seperti salah satu KWT yang ada di Desa Banyuurip Kecamatan Margorejo, KWT Berkah Lumintu telah berhasil mengolah berbagai jenis tanaman yang di tanam di sekitar pekarangan rumah warga.

TRENDING :  Kuliner Khas Kota Kudus

Separti contohnya “Para ibu-ibu telah berhasil mengolah sayuran menjadi kerupuk berbahan dasar daun beluntas, daun kemangi,
Sayur okra, cabai, bawang dan daun pepaya,”ungkapnya. KWT Berkah Lumintu sudah berdiri sejak Januari 2012 telah mengantongi izin usaha pada 0051932.AH.01.07.TAHUN.2016. untuk saat ini 25 orang.

Lebih lanjut Sulasmi mengatakan, kelompok ini berkomitmen dalam membuat makanan olahan, proses pembuatannya akan lebih mengedepankan makanan yang sehat dengan tidak menggunakan MSG (penyedap rasa kimia). Kemudian untuk kedepannya Dinas Ketahanan Pangan akan memberikan pendamping pembimbingan dan pemasaran produk, sebab jika tidak dilakukan pembimbingan pemasaran maka akan berdapak pada menumpuknya barang produksi. Dinas juga berharap supaya pangan lokal yang ada di
kabupaten Pati dapat bersaing dengan produk lokal lainya, apalagi bahan dasar olahan dari kelompok ini cukup kreatif dan bervariatif. (Ws)

TRENDING :  Baru Dilantik Dandim 0718/Pati Langsung Sidak P4GN
KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Post Comment

*