Mudahnya Pakai e-Filing, Bupati Tamzil Imbau Warga Lapor SPT Pajak Sebelum 31 Maret

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Pekan panutan penyampaian SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) tahunan PPh OP (Pajak Penghasilan Orang Pribadi) pejabat pemerintah Kudus mengajak masyarakat untuk membayar pajak tepat waktu sebelum 31 Maret nanti.

“Saya di sini meminta para pimpinan OPD, dan camat agar menyampaikan pelaporan pajak melalui e-filing ini ke staf dan masyarakat umum,” tutur Bupati Kudus, HM Tamzil usai testimoni yang disampaikan oleh Bupati Kudus H.M. Tamzil dan wabup H.M. Hartopo setelah melaporkan pajak melalui e-Filling di Command Center Diskominfo, Rabu (6/3/2019).

TRENDING :  Karena Sakit Yang Tak Kunjung Sembuh, Pemuda Ini Akhiri Hidupnya

e-Filing adalah cara pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak yang dilakukan secara online melalui website Direktorat Jenderal Pajak (DJP Online) maupun saluran e-Filing resmi lain yang ditetapkan pemerintah. E-Filing bisa diakses melalui gawai maupun laptop yang tersambung di internet dimanapun dan kapanpun. “Adanya e-filing ini, membuat pelaporan pajak menjadi lebih mudah, cepat, aman dan nyaman,” ujar H.M. Tamzi.

Dalam sambutannya, e-filing ini menjadi solusi agar pelaporan pajak bisa tepat waktu. Tidak perlu ribet mengantre di kantor, dan pelaporan pajak bisa selesai dalam setengah jam di rumah masing-masing. Inilah

TRENDING :  Wanita Gangguan Jiwa Membahayakan Diamankan Satpol PP Kudus

Diharapkan pelaporan pajak harus dilakukan secara trstruktur dan masif, karena sudah diatur oleh Undang-Undang. “Saya harap lapor pajak itu tidak melalui paksaan, tapi kesadaran diri sendiri. Apalagi, pajak adalah tulang punggung untuk APBD dan APBN,” harap HM Tamzil

Sementara itu, Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kudus Bernadette Ning Dijah Prananingrum mengatakan dalam rangka meningkatkan kepatuhan wajib pajak melakukan berbagai upaya, di antaranya mendekatkan pelayanan dalam menyampaikan SPT PPh dengan membuka pelayanan di desa-desa serta pasar tradisional.

TRENDING :  Siswa SLB Purwosari Kudus Diajak Sedekah Sampah Untuk Korban Gempa Palu

Selain itu, mereka juga membuka layanan serupa di acara sehari tanpa kendaraan atau car free day di Alun-alun Kudus dengan membuka pojok pajak.

Dengan adanya layanan di hari libur diharapkan bisa meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam menyampaikan SPT PPh maupun memenuhi kewajibannya membayar pajak.

Meskipun hari libur, petugas pajak bisa melayani penyampaian SPT PPh maupun pembayaran pajak.

KPP Pratama Kudus juga membuka layanan penyampaian SPT PPh di masing-masing kecamatan. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :