Mulai Besok Jembatan Tanggulangin Arah Demak – Kudus Ditutup

oleh
ISKNEWS.COM

Kudus, ISKNEWS.COM – Imbas pembangunan proyek Jembatan Tanggulangin yang berada di perbatasan Demak-Kudus, mulai Jumat besok akses jalan diatas jembatan yang biasa dilalui dari arah Demak menuju Kudus akan ditutup.

Hal tersebut disampaikan oleh pelaksana pembangunan Jembatan Tanggulangin A di perbatasan Kudus-Demak yang menjadwalkan  tetap akan menjalankan rencana menutup akses jalan di atas Sungai Wulan tersebut hingga empat bulan atau lima bulan ke depan.

Sebelumnya, serangkaian Koordinasi telah dilakukan antara Polres Kudus dan Polres Demak serta instansi terkait lainnya dari kedua wilayah.

ISKNEWS.COM

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Underpass Karangsawah dan Jembatan Kolonel Sunandar C, Alik Mustaqim, menjelaskan, penutupan terkait pembangunan Jembatan Tanggulangin C di sebelah barat Jembatan Tanggulangin A.

“Penutupan sementara akses jalan Demak menuju Kudus dimaksudkan agar mobilisasi material dan peralatan lebih maksimal, sedangkan akses Kudus-Demak dan sebaliknya dapat menggunakan Jembatan Tanggulangin B di sebelah timur Jembatan Tanggulangin A,” ujar Mustaqim.

Jembatan Tanggulangin A yang dibangun sejak 1968 atau 50 tahun yang lalu ini akan dibongkar dan digantikan Jembatan Tanggulangin C dengan mempertimbangkan usia akses penghubung.

Sementara itu, Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning didampingi Kasat Lantas AKP Eko Rubiyanto mengutarakan, pihaknya sudah menyiapkan kajian rekayasa lalu lintas terkait penutupan Jembatan Tanggulangin A.

TRENDING :  Menag RI Tanda Tangani Prasasti Pembangunan X Building Mubarok Food

Pengaturan pengalihan arus dimulai dari kantor PO Nusantara, Kecamatan Karanganyar, Demak. Di tempat tersebut akan dipasang ramburambu dan peringatan oleh petugas setempat agar tidak mengarah ke Jembatan Tanggulangin A dan berbelok ke kanan menuju Jembatan Tanggulangin B.

Sekda Kudus Sam’ani Intakoris memperkirakan akan ada dampak lalu lintas terkait penutupan sementara Jembatan Tanggulangin A. Pihaknya berharap, koordinasi Dinas Perhubungan Kudus, Polres Kudus, dan instansi terkait dari Kabupaten Demak dapat meminimalkan potensi dampak.

Terlebih, saat sekarang di Kalikondang (Demak) juga dilakukan penutupan jembatan untuk perbaikan. ”Pasti ada dampaknya dan sudah disiapkan kajian pengaturan oleh sejumlah pihak terkait,” imbuhnya

Meski penutupan hanya pada jembatan bagian utara atau jembatan lama, namun diperkirakan bakal menimbulkan penumpukan arus lalu lintas baik dari arah Demak maupun Kudus.

TRENDING :  Batik Motif Pekalongan? Motif Solo? Bukan. Ini Adalah Motif Batik Khas Kudus.

Terpisah, Satlantas Polres Demak menjelaskan, untuk mengurai potensi ketersendatan pihaknya akan menerapkan contra flowmulai dari depan kantor PO Nusantara di Karanganyar hingga SPBU Kudus.

”Karena yang difungsikan hanya satu jembatan yakni jembatan sisi selatan, maka jalur Kudus- Demak terpaksa dipergunakan untuk dua arus lalu lintas dari arah berlawanan,” kata Kasatlantas Polres Demak AKP Christian C Lolowang saat memantau kesiapan penataan jalur menjelang penutupan jembatan Tanggulangin.

Dalam pantauan tersebut, turut mendampingi Lindung Simbolon, PPK Jembatan Proyek Jalan Nasional (PJN) I Jateng dan Manager Proyek DMI, Joko Dwi Ariwibowo. Diakuinya, penutupan jembatan yang berlangsung selama enam bulan ke depan akan mengakibatkan ketersendatan panjang. Antrean jalan mengular dipastikan bakal terjadi dari arah Demak maupun Kudus.

Mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalu lintas, pihaknya menyiapkan dua jalur alternatif. Arus lalu lintas yang dari arah Semarang menuju Kudus dialihkan melewati pertigaan Trengguli-Welahan-Kudus. Adapun kendaraan dari arah Kudus ke Semarang disarankan mengambil jalan melalui Purwodadi-Karangawen- Mranggen. ”Khusus kendaraan berat dari barat kami sarankan melewati jalan Trengguli- Welahan,” tutur Christian.

TRENDING :  Poin Plus Jadi Siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Wisudha Karya

Jarak tempuh melalui pertigaan Trengguli- Welahan-Kudus, menurutnya memang lebih jauh dibanding Trengguli lurus ke Kudus, tetapi jika pengguna jalan memilih jalan pantura Demak-Kudus maka perlu bersabar agar tidak terjadi kemacetan. ”Petugas kami akan membantu mencairkan arus lalu lintas, tetapi kami minta para pengguna jalan untuk bersabar dan tidak main serobot,” katanya.

Dengan penutupan jembatan tersebut, berarti terjadi dua titik penutupan jembatan di jalan Pantura Demak, yakni di Tanggulangin dan di Kalikondang, Buyaran.

Sebenarnya, Satlantas Polres Demak sudah meminta agar penutupan jembatan Tanggulangin dilakukan setelah pengerjaan jembatan Kalikondang, Buyaran selesai.

Namun permintaan itu sulit direalisasi karena kedua proyek tersebut dibatasi oleh target waktu yang tidak boleh meleset. Sementara itu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Proyek Jalan Nasional (PJN) I Jateng, Lindung Simbolong menuturkan, pembangunan jembatan sepanjang 170 meter tersebut akan menggantikan jembatan lama yang kondisinya sudah kurang baik dan berpotensi membahayakan. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :