Mulai Dibangun Makopolres Kudus

Mulai Dibangun Makopolres Kudus

Kudus, isknews.com – Markas Komando Kepolisian Resort (Makapolres) Kudus, mulai dibangun. Untuk tahap pertama, di tanah seluas sekitar 100 x 100 meter, di Jalan Raya Kudus – Pati Kilometer 10 Kabupaten Kudus itu yang dikerjakan adalah pembuatan pagar, gapura pintu masuk dan keluar, serta pemerataan tanah yang akan digunakan untuk bangunan utama.

Satuan Kerja Pemerintah Dearah selaku pelaksana pengadaan proyek Makopolres Kudus ini, adalah Dinas Ciptakarya Tata Ruang (Cipkataru) Kabupaten Kudus. Anggaran yang dialokasikan diambilkan dari dana Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dengan nilai kontrak sebesar Rp 4.557.862.000, tahun anggaran (TA) 2016.

TRENDING :  Los Pasar Brayung Direhab Ratusan Pedagang Direlokasi

Pantuan isknews.com, di lokasi proyek, Senin (14/11), pembuatan pagar masih masih berlangsung. Bagian teralis yang terbuat dari besi, sudah dicat dengan warna hijau, sedangkan pilarnya juga sudah disemen. Untuk pilar pintu gerbang yang akan dipasangi pintu utama, masih dalam pengerjaan, demikian juga pengurugan di bagian tengah yang akan dijadikan Mako. Puluhan dump truk yang memuat tanah urug, keluar masuk lokasi proyek, membongkar muatannya.

TRENDING :  Sudah dibuka Untuk Kendaraan Roda Empat Rehabilitasi Jalan Lingkar Tenggara Mejobo Terhambat Gorong-gorong

Menurut Sutri, mandor dari kontraktor pelaksana proyek, PT Surya Bayu Sejahtera (Sukoharjo), yang dihubungi isknews.com, Senin (14/11), pagar Makopolres yang dibangun menghadap jalan raya Kudus – Pati itu, berukuran total panjang sekitar 100 meter. Bagian yang diberi teralis besi masing-masing sepanjang 3 meter dengan ketinggian pilar yang terbuat dari tembok batu bata, setinggi 1,750 meter. “Selain yang menghadap jalan raya, dibangun pula pagar di batas tanah sebelah barat, terbuat dari vlanel beton cor.”

TRENDING :  Surat Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Tol Semarang Demak Diterbitkan

Sedangkan untuk gapura pintu masuk dan keluar, ungkapnya lanjut, berupa tugu di kedua sisi, terbuat dari tembok batu bata, masing-masing setinggi 4,3 meter. Di bagian tengah dua pintu yang luasnya masing-masing 6 meter itu, dibuat dinding dengan lapisan keramik warna merah, untuk tempat memuat tulisan Makopolres. “Untuk tahap pertama, memang baru pembutan pagar, serta gapura pintu utama. Sedankan untuk bangunan gedungnya, akan dilaksanakan pada TA 2017,” jelas Sutri.(DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Comments are closed.