Museum Fosil Patiayam Diusulkan Jadi UPT

by

Kudus, isknews.com – Museum Fosil Patiayam, Kudus, akan dijadikan Unit Pelaksana Teknis (UPT). Terkait dengan hal itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus, sedang berkonsultasi dengan Balai Pelestarian Situs Manusia Purbakala Sangiran (BPSMP) Sangiran, Kabupaten Sragen.

Kepala Disbudpar Kabupaten Kudus, Yuli Kasiyanto, melalui Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan, Sutiyono, yang dihubungi isknews.com, Jumat (16/06), di ruang kerjanya, mengatakan hal itu. Menurut dia, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi, untuk mendirikan UPT, antara lain tentang kategori museum. “Karena Museum Patiayam kategorinya museum arkeologi, koordinasi atau konsultasinya dengan Balai Pelestarian Situs Manusia Purbakala Sangiran (BPSMP) Sangiran, Sragen Jawa Tengah.”

Untuk yang menyangkut kelembagaan, ungkapnya lanjut, persyaratan menjadi UPT harus memiliki pengelola yang berstatus PNS. Jumlahnya paling sedikit dua orang, terdiri kepala UPT dan seorang staf. Penempatan kepala UPT itu, tentu saja dibutuhkan ruang kerja khusus, termasuk meja, kursi dan lain-lain. “Karena banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi, pengajuan Museum Patiayam menjadi UPT, baru akan kami lakukan pada TA 2018.”

KOMENTAR SEDULUR ISK :