Museum Gus Jigang, Pintu Awal Studi Islam Nusantara di Kudus

by
Museum Gus Jigang, Pintu Awal Studi Islam Nusantara di Kudus ISKNEWS.COM
Foto: Istimewa

Kudus, ISKNEWS.COM – Tahun ini, ada pemandangan baru dalam mengisi libur panjang Idul Fitri di Kabupaten Kudus. Di bukanya wisata edukasi Museum Gus Jigang menjadi sebuah trobosan baru dalam mengisi libur lebaran. Tak sekedar itu, Gusjigang Building ini juga dapat menjadi pintu awal studi islam di Kabupaten Kudus.

TRENDING :  Kondisi Debit Air Sungai Wulan

Kementrian Agama melalui Kasi Penelitian Direktorat PTKI, Mahrus mengatakan proses penyelesaian isi Museum Gusjigang ini, hendaknya lebih dilihat dalam konteks ilmu pengetahuan dan budayanya.

“Dalam kaca mata ilmu pengetahuan dan budaya, dengan mengamati museum jenang dan Gusjigang ini, mengingatkan saya pada teori Invented Tradition atau The Invention of Tradition dari Eric Hobsbawm,” katanya.

TRENDING :  Ada Yang Istimewa Pada Gebyar Festival Budaya Bulusan 2018

Dalam penjelasannya, Hobsbawm menyebutkan bahwa untuk mengungkap tradisi, budaya yang sudah lama tidak dikenal publik, maka perlu dibuat lagi dengan kreasi baru tanpa menghilangkan tradisi atau budaya asalnya.

Museum Gus Jigang, Pintu Awal Studi Islam Nusantara di Kudus ISKNEWS.COM
Foto: Istimewa

Museum Jenang dan Gusjigang di Kudus, seperti yang saya saksikan dan amati membuktikan hal itu pada saat saya sedang liburan Idul Fitri tahun 2018. Dengan membaca apa yang tertulis dalam museum Gusjigang ini mengingatkan strategi dakwah para Sunan atau Wali di Jawa, khususnya Sunan Kudus.

TRENDING :  Inilah Alasan Dibalik Tidak Dikupasnya Kulit Tebu

KOMENTAR SEDULUR ISK :