Nelayan Keluhkan Lamanya Izin Pengurusan Kapal

Nelayan Keluhkan Lamanya Izin Pengurusan Kapal

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Nelayan di Kabupaten Jepara mengeluhkan lamanya waktu pengurusan izin kapal diatas 10 GT. Padahal, selama izin perpanjangan belum keluar, maka kapal tidak bisa digunakan berlayar mencari ikan. Dengan demikian nelayan tidak bisa makan. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Su’ud, nelayan asal Kelurahan Jobokuto Kecamatan Jepara, saat bertemu dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, di aula kantor Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Payau (BBPAP) Jepara, Senin (16/10/2017).

TRENDING :  Pembangunan Rusus Nelayan Baru 55 Persen

Suud berharap, selama proses izin diurus, nelayan diberikan semacam surat izin sementara yang bisa digunakan oleh nelayan sebagai dokumen sah yang tidak dipermasalahkan. “Kami berharap selama izin masih dalam pengurusan, diberikan semacam surat keterangan sementara yang memiliki kekuatan hukum yang bisa digunakan sebagai pengganti yang asli,” ujarnya.

Menanggapi keluhan nelayan itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengemukakan jika sebenarnya ini hanya kerja-kerja administrasi. Memang ada perubahan kewenangan entah dari propinsi ke pusat atau sebaliknya. Nelayan harus diberi tahu, jika tidak maka yang muncul adalah kesan pengurusannya lama. Padahal memang ada perubahan regulasi. “Ini sebenarnya nunggu deliverinya saja kok,” katanya.

TRENDING :  Nelayan Pertanyakan Efektivitas Alat Tangkap Ikan Pengganti Cantrang

Ganjar menambahkan, dalam hal ini pemerintah harus pro aktif dalam memberikan layanan. Jalur pelayanan ini, katanya, sangat mungkin untuk dipangkas waktu dan prosedurnya sehingga nelayan termudahkan. “Jika memang nanti diperlukan kebijakan, kita siap untuk mengeluarkan kebijakan yang bisa memudahkan nelayan,” jelasnya.

TRENDING :  Persijap Pecat Pelatih Fernando Sales

Dirinya menyebut seharusnya selama proses izin, nelayan seharusnya bisa diberikan semacam surat sementara agar nelayan tetap bisa melaut. “Ini seperti KTP El saja, saat blanko habis, masyarakat diberikan surat keterangan,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar langsung memerintahkan instansi terkait seperti Syahbandar, Dinas Kelautan dan Perikanan segera mempercepat proses perizinan kapal. “Saya minta segera diserahkan dan diselesaikan. Akan saya pantau langsung setelah ini,” ujarnya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post