OJK Edukasi Wartawan Ekonomi Di Wilayah Kerja Kantor Regional 3 Jateng & DIY

OJK Edukasi Wartawan Ekonomi Di Wilayah Kerja Kantor Regional 3 Jateng & DIY

Kudus, isknews.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan edukasi kepada wartawan ekonomi media cetak dan elektronik, di wilayah kerja kantor regional 3 Jawa tengah dan D.I. Yogyakarta, Mengenai tugas dan fungsi percepatan akses keuangan daerah (TPAKD), sehingga mampu menyampaikan tugas dan fungsi OJK kepada masyarakat dengan baik.

“Edukasi yang diberikan kepada wartawan ekonomi tersebut diikuti 31 orang yang memang setiap tahun kami lakukan, karena wartawan merupakan corong masyarakat, dan perannya sangat dibutuhkan,” kata Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) Kantor OJK Regional 3 Jateng dan DIY, Hizbullah saat usai membuka Pelatihan dan sosialisasi kepada wartawan ekonomi media cetak dan elektronik, di wilayah kerja kantor regional 3 Jawa tengah dan D.I. Yogyakarta, di Purwokerto Jawa tengah, Selasa (13/12/2016).

BACA JUGA :  Menpan dan RB : Kudus Bisa Jadi Contoh Bagi Daerah Lain, Bila Bisa Capai Standar Pelayanan Publik Nasional

img-20161213-wa0021

Dia mengatakan memang harus diakui masih banyak yang belum memahami tugas dan fungsi OJK, sehingga peran media sangat penting untuk dapat menyampaikan kepada masyarakat luas.

“Dengan edukasi ini, kami akan lebih memahami apa yang dibutuhkan wartawan, dan penyampaian berita tentang industri jasa keuangan juga bisa sampai ke masyarakat,” kata Hizbullah.

Hizbullah mengatakan, wartawan merupakan insan yang mencerdaskan masyarakat sehingga akan semakin efektif jika terus diedukasi dengan memberikan pelatihan dan bimbingan.

Karena, katanya, literasi keuangan atau yang memahami industri jasa keuangan secara nasional masih rendah hanya 21,8 persen artinya dari 100 orang hanya 21-22 persen orang yang memahami.

Sedangkan, katanya, inklusi keuangan atau seberapa jauh penggunaan masyarakat akan industri jasa keuangan sebesar 59,7 persen atau dari 100 orang baru 59 orang sudah memanfaatkan tapi belum paham apa sebetulnya industri jasa keuangan tersebut.

BACA JUGA :  Siswa Sulsel ini Juara Satu Se-Indonesia Menulis Cerpen, dan Beginilah Kiat-kiatnya

Dia mengatakan akan sangat relevan jika wartawan terus diberikan informasi sehingga mampu mencerdaskan kehidupan masyarakat.

Edukasi ini akan berlangsung selama tiga hari hingga (15/12/2016) dimanfaatkan dengan baik agar mampu diimplementasikan dalam tugas teman-teman wartawan setiap hari,apalagi pada saat menulis berita industri jasa keuangan.

Hadir dalam kesempatan itu, Pembicara TPAKD: 1. Uun ilyana : Kepala Bagian Informasi dan Dokumentasi dan Kemitraan Pemerintahan Daerah, 2. Dewa Tegar : Kepala Sub Bagian Kemitraan Pemerintah Daerah

Dilanjutkan Pembicara Satgas Waspada Investasi : 1. Bp. Rusly Albas : Deputi Direktur Pengawasan LJK 3 dan Perizinan, 2. Bp. Nursatyo Kepala Bagian Pengawasan Pasar Modal.

Anggun puspita wartawan Suara merdeka bahwa dirinya sangat senang bisa mengikuti kegiatan edukasi ini karena akan lebih memahami tugas dan fungsi OJK.

BACA JUGA :  SUSILO BAMBANG YUDHOYONO PRESIDEN RI KE-6 SINGGAH DI MASJID AGUNG DEMAK

“Selain itu kita bisa paham soal industri jasa keuangan yang masih banyak tidak dipahami oleh masyarakat,” katanya

“Belajar fungsi dan tugas OJK, juga mengenal industri jasa keuangan tidak hanya dalam waktu dua bulan saja, tapi perlu waktu sehingga kegiatan ini dirasa dangat bermanfaat, apalagi wartawan ekonomi yang setiap saat membuat berita tentang industri keuangan,” katanya. (AS)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post