Ojol Akali Zona Merah Ojek Pangkalan Terusik

oleh
Ojol Akali Zona Merah Ojek Pangkalan Terusik
Foto: Komunitas Ojek Pangkalan Pati (Kompak) mengadu banyaknya ojol yang melanggar zona merah. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Belakangan ini ojek online (Ojol) di Pati ditengarai kerap mengambil penumpang di dekat pangkalan ojek. Hal ini mengusik para Ojek Pangkalan yang mangkal di Halte Puri, Terminal Kembangjoyo, dan Halte SMP 4.

“Sudah ada zona merah di pangkalan dan itu merupakan kesepakatan, namun tetap saja para ojek online nekat. Kalau mereka terus begitu maka kami tidak akan dapat penumpang,” ujar pengurus Komunitas Ojek Pangkalan Pati Kota (Kompak) Guntur, kemarin.

TRENDING :  Perusahaan Otobus Abaikan Ijin Insidentil

Dia menjelaskan, pangkalan ojek hingga radius 500 meter ditetapkan Kompak sebagai zona merah bagi pengojek online. Penentuan itu, untuk membuat nyaman semua pihak.

“Tetapi kalau ada penumpang di dekat pangkalan diambil pengojek online, ya kami tidak akan dapat rezeki. Pernah kami tegur, tetapi lain hari tetap saja mengambil penumpang di sekitar pangkalan,” kata dia yang mengaku memiliki 152 anggota terdaftar.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, pengojek online belakangan mengarahkan penumpang yang dekat dengan pangkalan untuk berjalan agak menjauh untuk kemudian diangkut. Praktik demikian menurutnya, terus berjalan sehingga menjadikan tukang ojek pangkalan semakin geram.

TRENDING :  Revisi Perda RTRW Kabupaten Pati Harus Pertahankan Zona Hijau

Sejauh ini, imbuhnya, telah ada kesepakatan dengan para ojol untuk tidak mendekati zona merah. Hanya, kesepakatan itu belum melibatkan antarorganisasi pengojek yang berbeda metode order ini.

“Kami akan mengajak komunitas pengojek online untuk membuat kesepakatan atas nama organisasi. Harapannya, semua anggotanya menaati kesepakatan agar tidak muncul gesekan pengojek pangkalan dan online di lapangan,” tandasnya.

Guntur mengaku, keluhan tersebut telah diinformasikan kepada pihak aparat kepolisian. Salah satunya, saat diajak sahur bersama jajaran Satuan Sabhara Polres Pati, beberapa waktu lalu. Pengojek pangkalan berharap, pihak kepolisian juga memberikan pembinaan kepada pengojek online.

TRENDING :  Kades Kalikalong Dukung Penutupan Tambak Ilegal

“Kalau kami pengojek pangkalan sudah lama menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Polres. Jadi, jika ada persoalan dapat langsung dikoordinasikan. Termasuk jika ada informasi penting kami langsung sampaikan kepada petugas,” jelasnya. (IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :