Ombak Tinggi, Harga Ikan Melambung

oleh

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Pasokan ikan di Jepara menurun dalam beberapa hari terakhir ini. Cuaca buruk yang ada di laut Jepara disinyalir menjadi penyebab menurunnya stok ikan di bumi Kartini ini. Minimnya stok ini berimbas pada melambungnya harga komoditas ini.

Salah seorang pedagang ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujungbatu Jepara Fatimah mengungkapkan, cuaca yang tak menentu setidaknya sudah terjadi 10 hari terakhir. Ini menyebabkan pasokan ikan dari nelayan menurun. Di saat normal, pasokan ikan dapat mencapai dua basket (50 kilogram). Tapi sekarang, nelayan rata-rata hanya mendapatkan setengah basket. “Cuaca yang tak menentu jadinya dapatnya sedikit,” katanya, Senin (2/10/2017).

TRENDING :  Di Peringatan Harlah, Warga NU Diajak Gunakan Hak Pilihnya Dalam Pilgub

Suyati, pedagang lain mengatakan, harga ikan sebagian memang mengalami kenaikan. Namun beberapa diantaranya tetap stabil, seperti cumi-cumi yang menjadi barang jualannya. “Yang stabil itu cumi-cumi sekitar Rp.25 hingga Rp.55 ribu,” ujarnya.

TRENDING :  Perekaman KTP El di Jepara Sudah Mencapai 96 Persen

Sementara itu, Suriah pedagang lainnya mengatakan, beberapa jenis ikan mengalami penurunan persediaan. Hal itu menyebabkan harganya melambung. Beberapa jenis ikan yang mengalami kenaikan harga adalah dorang, tengiri, kakap merah, tunul, kembung dan banyar. Suriah mengatakan, tangkapan untuk jenis ikan tersebut mengalami penurunan dari nelayan.

TRENDING :  Pembuatan SPAL Untuk Wujudkan Lingkungan Sehat, Bersih Dan Nyaman

Suriah menyebut untuk ikan tunul harganya dari Rp 20 ribu per kilogram menjadi Rp 30 ribu per kilogram, ikan kembung dari Rp 20 ribu per kilogram menjadi Rp 25 ribu, ikan banyar dari Rp 25 ribu per kilogram menjadi Rp 30 ribu per kilogram. “Anginnya besar sehingga tangkapan sedikit,” jelasnya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :