Operasi Gabungan Gepeng dan Anjal, 5 Orang Berhasil Diamankan

Kudus, isknews.com – Petugas gabungan yang terdiri dari Sat Sabhara Polres Kudus dan Sat Pol PP melaksanakan operasi gepeng (gelandangan dan pengemis) dan Anjal (Anak Jalanan) di wilayah hukum Polres Kudus, Selasa (10/01).

Kegiatan Operasi tersebut dipimpin KBO Sabhara IPTU Deni S.H, dia menjelaskan operasi Gepeng bertujuan untuk menertibkan para Gepeng, pengamen dan anak jalanan yang saat ini marak terjadi di jalan jalan khususnya di setiap perempatan jalan Raya yang sangat mengganggu kelancaran arus lalulintas maupun keselamatan diri Gepeng dan pengguna jalan raya, jelasnya.

Baca Juga :  Kampanye Di Media Sosial Menjadi Perhatian Khusus Polda Jawa Tengah.

Operasi tersebut dilaksanakan menyusul adanya keluhan dari masyarakat terkait keberadaan sejumlah Gepeng yang mangkal di tempat traffic light di Ngembal dan Terminal induk Kudus yang dinilai cukup meresahkan, imbuhnya.

Para Gepeng tersebut selain mengganggu kelancaran arus lalin juga melanggar pasal 504 KUHP yang berbunyi : ayat 1 berbunyi “Barang siapa minta-minta (mengemis) ditempat umum dihukum karena meminta minta dengan kurungan selama-lamanya enam minggu, dan ayat 2 berbunyi “Minta minta yang dilakukan bersama-sama oleh tiga orang atau lebih , yang masing masing umurnya lebih dari 16 th dihukum kurungan selama lamanya tiga bulan.”

Baca Juga :  Singgah di Kodim Pati, Kapolda Jawa Tengah disambut Hangat

Dalam operasi tersebut petugas gabungan menyisir para Gepeng dari jalan A. Yani dan lingkar timur Kudus serta tempat tempat yang sering digunakan untuk mangkal oleh para Gepeng yang ada di wilayah Kudus. Dari operasi tersebut petugas gabungan berhasil mengamankan 5 orang Gepeng dan pengamen jalanan kemudian ke lima orang tersebut di data di ruang SAT Sabhara Polres Kudus untuk di beri pengarahan dan pembinaan.(Wh)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?