Orang Berhidung Pesek Lebih Mudah Pilek, Ini Penjelasannya

by
Orang Berhidung Pesek Lebih Mudah Pilek, Ini Penjelasannya ISKNEWS.COM
Foto: Orang yang sedang mengalami flu. (Istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Setiap orang memiliki bentuk hidung yang berbeda, ada yang pesek dan ada pula yang mancung. Perbedaan bentuk hidung ini kerap dikaitkan dengan kondisi atau penyakit seseorang.

Ada sebuah ungkapan yang menyebutkan orang berhidung pesek, lebih rentan terhadap penyakit flu dan pilek, dibandingkan dengan orang berhidung mancung. Ungkapan ini didukung dengan penjelasan, bahwa bentuk hidung pesek cenderung lebih melengkung dibandingkan hidung mancung. Begitupun dengan aliran udara di hidung.

Hal inilah yang kemudian membuat virus dan bakteri yang masuk melalui hidung pesek, tidak mudah keluar bersama aliran udara. Sehingga, orang yang berhidung pesek lebih rentan terhadap penyakit infeksi pernafasan, seperti flu dan pilek.

TRENDING :  Shio Anjing, Lambang Kesetiaan Namun Bisa Berontak

Memastikan kebenaran hal tersebut, media ini menghubungi dr. Hariyanto. P2KB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Kudus, itupun menjelaskan bahwa ungkapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

“Hidung pesek atau mancung sebenarnya hasil proses pembentukan tulang rawan. Proses tersebut dipengaruhi, keturunan atau genetika, ras dan demografi. Sehingga tulang rawan sebagai pembentuk hidung bagian depan ini sangat variatif. Untuk struktur hidung bagian dalam tetap sama saja,” katanya.

TRENDING :  Satlantas Polres Kudus Ajak Anak Tertib Lalu Lintas

KOMENTAR SEDULUR ISK :