Organisasi Masyarakat Adat Nusantara (Matra) Gelar Pertunjukan Budaya

by
ISKNEWS.COM
Foto: Pertunjukan budaya di Gedung 45 Semarang, Minggu (08-04-2018). (Istimewa/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Sebagai upaya pengenalan dan pelestarian nilai-nilai esensialitas budaya masa lalu. Organisasi Masyarakat Adat Nusantara (Matra) menggelar kegiatan pengukuhan Matra Eks Karesidenan Semarang dan pagelaran budaya nusantara di Gedung Juang 45 Semarang.

Kegiatan yang dilakukan pada Minggu (08-04-2018) tersebut, turut dihadiri oleh Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Matra, kph Jais Wiroyudho Alam Syah, Sultan Gowa, Sultan Bulungan Kalimantan Selatan dan perwakilan Matra dari beberapa wilayah di Indonesia.

Sebagai pembuka acara, disajikan pertunjukan tari bedaya sekar ningrat. Pada kegiatan tersebut kph Jais Wiroyudho Alam Syah, menyampaikan kepada segenap anggota Matra untuk senantiasa menjaga dan melestarikan budaya lokal yang ada di masing-masing daerah.

TRENDING :  Kemendikbud Catat 2.652 Warisan Budaya Tak Benda

“Sudah menjadi kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia, untuk menumbuhkan kembali budaya dan kearifan lokal di negeri ini. Langkah awal yang harus dilakukan dengan menepiskan isu sara yang menyelimuti suatu budaya. Dengan demikian masyarakat akan memandang budaya sebagai sesuatu yang luhur,” kata Ketua DPP Matra tersebut.

TRENDING :  Legenda Asal-Usul Nama Dukuh Rendole

Dilanjutkannya, “Jika masyarakat mampu memandang budaya sebagai sesuatu yang luhur dengan pemaknaan yang utuh. Maka akan muncul rasa cinta pada budaya tersebut. Karena budaya adalah kuncaraning negari atau cahaya negeri, yang sudah menjadi kewajiban kita semua untuk menjaga agar cahaya tersebut terus bersinar.”

TRENDING :  Aplikasi Ajaran Nadhliyin Di Dunia Seni Teater

KOMENTAR SEDULUR ISK :