Ormas NCW Dukung Pemerintah Cegah Masuknya Barang Ilegal Guna Tunjang Stabilitas Ekonomi Nasional

oleh

Jambi, isknews.com – Peredaran barang-barang illegal yang semakin marak akan mengakibatkan stabilitas ekonomi terganggu serta menimbuklan kerugian negara dari sektor pajak dan cukai, selain itu masyarakat/konsumen juga terancam dengan peredaran barang yang membahayakan bagi kesehatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala kantor bea cukai Jambi Ardiyatno yang diwakili oleh Bidang Penyidikan dan Penindakan Pangestu W, SE, MA, dalam diskusi publik dengan tema cegah peredaran barang illegal guna menunjang stabilitas ekonomi nasional yang digelar oleh LSM LITPK di BW Luxury Hotel Jl. Sukarno Hatta No. 40 Jambi 27/3/2019.

Diskusi publik yang digelar LSM LITPK melibatkan kalangan akademisi, pelaku usaha, LSM, tokoh masyarakat serta stake holder lainnya. (Foto:istimewa)

“Kami telah beberapa kali memusnahkan barang illegal hasil penindakan diantaranya rokok, kosmetik,sex toys dan lain lain yang biasa beredar dimasyarakat Jambi untuk melindungi masyarakat dari bahan berbahaya serta mencegah kerugian besar negara dari potensi pajak dan cukai, dan selanjutnya kedepan kami masih sangat membutuhkan bantuan, dukungan dan peran serta masyarakat dalam memberantas peredaran barang illegal” ungkap Pangestu.

TRENDING :  Jelang Ramadhan Harga Masih Stabil, Kebutuhan Daging Kerbau Dan Sapi Capai 2 Ton Per Hari

Dalam diskusi yang digelar LSM LITPK tersebut juga melibatkan kalangan akademisi dari Universitas Jambi, pelaku usaha, LSM, tokoh masyarakat serta stake holder lainnya.

Prof.Dr Samsu Rizal Tan, M.Si dari univ. Jambi yang turut hadir dlm diskusi sebagai narasumber menyatakan maraknya peredaran barang ilegal diwilayah Jambi karena kurangnya koordinasi antar sesama aparat penegak hukum sehingga saling menunggu aturan kebijakan baru.

TRENDING :  Kudus Stok Gula, Beras, Telur & Minyak Aman, Fluktuasi Kenaikan Masih Ditingkat Wajar

” Dalam menyelesaikan permasalahan peredaran barang illegal diperlukan langkah-langkah preventif dan represif secara nyata serta penyamaan persepsi dan koordinasi antar sesama aparat penegak hukum” jelas Prof. Dr Samsu Rizal.

Senada dengan Kepala bea cukai Jambi, ormas Nasional Corruption Watch (NCW) menyambut baik komitmen dari aparatur bea cukai dalam memberantas peredaran barang illegal diwilayah Jambi.

“Kami ormas NCW akan membantu aparat bea cukai dan aparat lainnya dalam memberantas peredaran barang illegal, tentunya dengan memberdayakan anggota ormas yang tersebar diberbagai wilayah guna melakukan pengawasan serta mengedukasi masyarakat tentang ancaman barang ilegal bagi kesehatan konsumen serta bagi kelangsungan hidup bernegara kita ” demikian pernyataan Anwarsyah ketua DPW NCW Jambi.

TRENDING :  OJK Dekatkan Perusahaan Pembiayaan IKNB dengan UMKM

Selama ini NCW telah beberapa kali memberikan informasi tentang berbagai tindak kejahatan dan barang bukti yang kami ketahui untuk segera ditindaklanjuti aparat yang berwenang, sesuai dengan tupoksi kami sebagai LSM untuk melakukan cek and balance serta mengedukasi masyarakat.

Dalam hal pemberantasan peredaran barang illegal diwilayah Jambi kami sangat mendukung aparat pemerintah baik bea cukai, TNI-Polri serta aparatur pemerintah terkait untuk bergandengan tangan dan menyamakan persepsi guna melindungi masyarakat dari beredarnya bahan berbahaya serta menunjang stabilitas ekonomi nasional ” pungkas Anwarsyah. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :