Pabrik Penggilingan Batu CV.Citra Batu Diakui DLH Pati Sesuai Dokumen Lingkungan

oleh
Foto: Tulus Budiarjo, Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Pada DLH Pati. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati memberikan bantahan terkait pabrik penggilingan batu CV. Citra Batu yang diduga tidak memiliki izin. Bantahan tersebut mengemuka saat audiensi dengan pihak terkait, Kamis (24-05-2018). Bahkan, menurut DLH pihak perusahaan saat ini sedang menunggu izin pengoperasian dari provinsi.

Kepala DLH Pati Purwadi, melalui Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Tulus Budiarjo mengatakan, yang dipermasalahkan warga adalah tentang perizinan. Oleh karenanya DLH mengundang dinas terkait dalam audiensi tersebut, agar masyarakat mendengar sendiri proses perizinan yang dilakukan oleh CV. Citra Batu tersebut.

“Dari kami sendiri juga sudah memberikan dokumen lingkungan kepada pihak perusahaan, karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim kami, ternyata memenuhi syarat untuk pendirian pabrik tersebut. Adapun nanti ada aduan dari warga, kami tetap mengakomodir aduan tersebut,” ungkapnya usai audiensi.

TRENDING :  Tumbuhkan Cinta Negara Melalui Wisata Matematika

DLH juga sudah mengantisipasi adanya dampak yang akan ditimbulkan oleh pabrik seperti yang dikhawatirkan warga. Bahkan, untuk meminimalkan hal tersebut, pihak pabrik dalam pengolahannya tidak diperbolehkan mencemari lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan membuat atap tepat di atas teropong mesin penggilingan batu.

TRENDING :  Wujudkan Program Swasembada Pangan, TNI AD Bantu Para Petani

“Adapun kehawatiran warga tadi, kami akan memperhatikan itu. Kami kira itu juga hal yang wajar. Kami harap, warga tidak perlu ragu untuk melaporkan hal-hal yang sekiranya bisa merusak lingkungan,” tandasnya.

Diakui, apabila warga masyarakat merasa resah dengan aktivitas penggilingan batu tersebut, diharapkan untuk melaporkan perusahaan tersebut. DLH bersama dengan instansi terkait akan menindak tegas apabila perusahaan itu memang benar-benar mencemari lingkungan.

TRENDING :  Kaca Pintu Balai Desa Bendar Berlubang Diduga Ditembak Orang Tak Dikenal

Dari hasil survei yang dilakukan DLH, imbuh Tulus, selain CV. Citra Batu ada delapan pabrik serupa yang beroperasi di Desa Sumberejo. Adapun yang mempunyai penutup pagar dan atap hanya beberapa saja, sedangkan sebagian lagi tanpa dilengkapi penutup pagar. (IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :