Paguyuban Mancing Mania Kudus Santuni dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Paguyuban Mancing Mania Kudus (PMMK) Kudus memanfaatkan momentum di bulan Ramadhan 1439H ini dengan mengadakan serangkaian kegiatan sosial, yakni buka bersama dan memberikan santunan kepada anak yatim.

Puluhan anak-anak di Panti Asuhan Aisyiah Kudus nampak sumringah dan senang mengikuti kegiatan buka puasa bersama PMMK yang digelar di Aula panti, Selasa (29-5-2018).

Ahmad Rofiq, Ketua PMMK Kudus selaku ketua penyelenggara menjelaskan bahwa Kegiatan buka bersama dan santunan anak yatim ini merupakan kali ketiga diadakan oleh PMMK. “Untuk tahun ini, dalam 1 hari digelar di 2 tempat, yakni panti asuhan Melati, HM. Subhan ZE, No.262 Purwosari Kudus dan di Panti Asuhan Aisyiah,” terangnya.

Sesepuh Angler Kudus, Rudi Candi, saat memberikan santunan kepada yayasan panti asuhan Aisyiah Kudus. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Dalam kesempatan yang bahagia ini, kami menyerahkan kepada 2 Panti tersebut diatas sebesar Rp 3.813.000,-. “Dana tersebut diserahkan langsung kepada yayasan panti asuhan Aisyiah oleh sesepuh Angler Kudus, Rudi Candi, sedangkan yang ke yayasan panti asuhan Melati Purwosari, diserahkan langsung oleh sesepuh PMMK, Wisdi,” jelasnya.

TRENDING :  Aquascape Seni Menata Taman Dalam Akuarium

Ditambahkan Rofiq, Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian sosial para anggota PMMK untuk saling berbagi di bulan penuh berkah.

Para anggota PMMK terpanggil untuk mendonasikan sebagian rejekinya untuk kegiatan sosial berupa pemberian santunan kepada anak yatim. “Berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim adalah sebagai tujuan dari kegiatan santunan kami,” tuturnya

Masih ditempat yang sama, Humas PMMK Heru Sihombing menyebut, kegiatan ini sudah berlangsung setiap Ramadhan. Dirinya berharap, Dengan kegiatan ini diharapkan bisa menggugah jiwa sosial di kalangan masyarakat luas untuk tidak hanya berpikir dan bekerja untuk kepentingan mereka sendiri-sendiri, tetapi juga ikut berperan dengan membantu masyarakat yang lain.

“Islam mengajarkan kepada para umatnya untuk saling membantu sesama saudaranya, terutama membantu yang sedang dalam keadaan kesusahan dan kesempitan hidup. Mereka yang keadaannya demikian itu di antaranya adalah anak- anak yatim piatu,” jelasnya

TRENDING :  Meriahkan Ramadhan, Karang Taruna Kusuma Bangsa Gelar Panggung Bebas Religi

Anak-anak yatim piatu yang berada di sekitar kita, lanjut Heru, sebagian besar hidupnya dalam keadaan yang kurang baik, karena kehilangan tulang punggung pencari nafkah dan figur orang tua dalam hidupnya. Mereka masih banyak yang tidak sanggup dalam menuntut ilmu atau tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Karena itu, uluran tangan kita sebagai saudaranya tentu sangatlah berarti, tidak hanya dengan sekedar simpati saja, namun perlu adanya tindakan nyata dengan memberi bantuan materil maupun santunan. Walaupun bantuan itu belum cukup memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya, akan tetapi paling tidak dapat memberikan semangat hidup bagi mereka, bahwa kita saudara-saudaranya masih mempunyai kepedulian terhadap mereka,” Beber Heru.

TRENDING :  Sentuhan Grafiti, Jadikan Gang Sempit Ini Tampak Lebih Cantik

Dikatakannya pula, PMMK berdiri sudah tiga tahun lalu, dengan visinya mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan diantara sesama warga Kudus, khususnya pecinta atau pehobi Mancing Mania.

PMMK sendiri saat ini memiliki sekitar ribuan anggota pasif di group facebook nya, mereka datang dari berbagai profesi dan memiliki latar belakang yang majemuk dan itu bukan menjadi jurang pemisah untuk para anggota yang berada di komunitas ini. “Akan tetapi, diakuinya, dari ribuan tersebut, yang aktif keanggotaannya tidak sebanyak itu, hanya ratusan anggota saja,” jelasnya.

Ditambahkan Heru, komunitas pmmk sendiri mempunyai agenda pertenuan rutin, yakni setiap sebulan sekali, secara bergantian di rumah anggotanya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :