Panen Tebu di Kudus Dimulai

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Panen tebu di Kudus telah dimulai. Hal itu ditandai dengan dilaksanakannya tradisi manten tebu, yang dilakukan PG Rendeng Kudus, Sabtu (05-05-2018). Tradisi ini juga merupakan penanda pabrik gula satu-satunya di Kudus itu siap memproduksi dan menerima tebu dari para petani.

Manajer PG Rendeng Wisnu Pangaribawa mengungkapkan, tahun ini pihaknya menargetkan dapat memproses 195.587 ton tebu dengan kapasitas giling 2.500 tcd. “Kita berharap dapat memenuhi target. Awal gilung dimulai 19 Mei 2018 mendatang,” katanya.

TRENDING :  Penyakit Tugel Gulu Diduga Akibat Pemberian Takaran Pupuk Berlebih

Dia berharap tahun ini akan ada peningkatan dsri tahun lalu, minimal bisa mencapai target. Optimisme Wisnu didasari dengan adanya tambahan lahan baru dari KPH Pati yang ditanami tebu. “Kita kerja sama dengan KPH Pati menanami lahan dengan tebu,” bebernya.

TRENDING :  Digoyang Tengkulak, Petani Bawang Merah Menjerit

Di depan para petani yang hadir dia berjanji mengupayakan untuk kesejahteraan. Hal itu mengingat petani adalah ujung tombak PG Rendeng agar tetap beroperasi. “Kita akan surfive menghadapi tekanan yang luar biasa. Kami akan berupaya tahun ini untuk mencapai target,” imbuhnya

Tradisi manten tebu memang dilakukan secara rutin tiap tahun. Manten terdiri dari tebu putra yang diberi nama Jati Kuncoro, berasal dari kebun Garung Kidul. Sedangkan manten tebu putri bernama Roro Rengganis berasal dari kebun Prambatan Lor.

TRENDING :  Petani Kopi Kecamatan Gembong Kebanjiran Rezeki

Pengantin tebu melambangkan bersatunya dua pihak untuk bersama mengarungi perjalan jauh menuju kebahagiaan. Sejahtera keluarganya dan lingkungannya. (MK/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :