Pangkalan Kompi Air Kodam IV/Diponegoro Dipindah ke Jepara

oleh

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Kabupaten Jepara yang memiliki wilayah kepulauan cukup luas menjadi perhatian tersendiri Kodam IV/Diponegoro. Perhatian tersebut diantaranya dengan memindahkan pangkalan Pangkalan Kompi Air Kodam IV/Diponegoro dari Pelabuhan Tanjung Emas ke Pantai Sekembu, Mulyoharo, Jepara.

Kepala Pembekalan Angkutan Kodam IV/Diponegoro Kolonel Eko Nur Santo mengungkapkan, pemindahan pangkalan ke Jepara memang salah satunya karena Jepara memiliki wilayah kepulauan, yaitu kepulauan Karimunjawa yang harus selalu dipantau. “Selama ini pangkalam Kompi Air meminjam tempat di Pelabuhan Tanjung Emas. Sementara, kapal-kapal milik kompi air berada di Makodam IV/Diponegoro Semarang,” ujarnya, Kamis (11/1/2018).

TRENDING :  Sedekah Bumi Desa Tempur, Sediakan Kopi Gratis Bagi Wisatawan

Saat di Semarang, lanjutnya, jika ada sesuatu butuh waktu cukup lama karena tempat pangkalan dan kapal terpisah. Namun kalau di Pantai Sekembu ini, pangkalan dan kapal jadi satu, sehingga jika dibutuhkan lebih cepat. “Di pangkalan Jepara ini, ada 1 kompi personil yang siap siaga melayani dan membantu masyarakat,” jelasnya.

TRENDING :  Ratusan Liter Ginseng Diamankan

Di Pangkalan Kompi Air Jepara ini, lanjutnya, dilengkapi dengan kapal motor cepat (KMC) Komando. Kapal mampu menembus ombak setinggi 4 meter dengan kecepatan angin mencapai 25 knott. Kapal ini juga diklaim anti terbalik. “Kapal ini punya kapasitas penumpang sebanyak 33 orang. Selain itu, juga bisa digunakan untuk mengangkut bahan pangan kebutuhan pokok,” ungkapnya.

TRENDING :  Logistik Pilkada untuk Karimunjawa Dikirim

Lebih lanjt Eko menambahkan, jika terjadi bencana, kapal ini juga siap diterjunkan membantu masyarakat. Jika selama ini penyebrangan Jepara – Karimunjawa terkendala ombak besar, kapal ini bisa menjadi alternatif. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :