PANTURA MEMUNGKINKAN TUMBUH KEMBANGNYA KELOMPOK RADIKALISME,,,

image

Pati,Isknews.com Lintas Pati.
Hal demikian disampaikan oleh Pasi Intel Kodim 0718 Kapten INF Yahudi saat mengisi sebagai nara sumber seminar Loka Karya yang diselenggarakan di aula Barkowil Pati selasa, 26/07/16.

Wilayah Kabupaten Pati merupakan jalur setrategis, karena Pati adalah jalur penghubung antara Propinsi Jawa Tengah dengan Jawa Timur, serta penghubung antara Jawa Barat dengan Jawa Tengah atau titik tengah antara Jawa Barat dan Jawa.

Radikalisme merupakan gerakan dalam rangka mengubah tatanan sosial politik secara inskontitusi.ada beberapa kelompok radikal yang perlu kita ketahui. Diantaranya adalah radikal kanan, kelompok ini memhendaki pemberlakuan hukum agama sebagai hukum positif.sedangkan radikal kiri menghendaki komonisme dalam negara dan radikal lainya menghendaki diaintegrasu kedaulatan.

BACA JUGA :  Ditinggal Kerja,Seisi Rumah Di Acak Acak Pencuri

Perkembangan radikal saat ini adanya bibit atau akar dari gerakan massa yang mengaku umat islam baik itu MMI, Jamaah Ansor, tauhid,HTI dan beberapa kelompok atau organisasi.

Permasalahan ISIS yang ada di Indonesia, bahwa ada beberapa ulama yang berbaiat kepada ISIS sehingga mempengaruhi masyarakat untuk ikut gerakan di dalam ISIS.melakukan teror dengan meledakan bom.

Disamping kelompok tadi perkembangan bahaya latin PKI juga perlu diwaspadai penyeberanganya. Penyebaran PKI secara rahasia dilakukan melalui rapat, pertemuan kader-kader untuk dilatih secara rahasia tujuanya untuk membuat kader baru.kita harus peka dan bersatu karena ancaman kedepan nyata dan perlu untuk diwaspadai atau di antisipasi sejak dini.

Hadir dalam kegiatan tersebut  Pasi Inteldim 0718 Pati( Kapten INF Yauhudi ),Bagian Hukum Sekda Kab. Pati (  Heri Purnomo ), Dosen Stain Kudus( Dr. H. Choiron ) dan Tamu undangan sekitar 70 Orang peserta

BACA JUGA :  Kontak

Sabagia lain, narasumber Heri Purnomo dalam seminar loka karya juga menjelaskan bahwa Negara Indonesia adalah Negara hukum. Hukum adalah aturan yang telah dibukukan untuk ditaati, tanpa pandang bulu. Perlunya kita dalam meningkatkan kesadaran hukum masyrakat untuk kondusifitas masyarakat

Banyak faktor faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum dalam masyarakat antara lain :

Faktor penegak hukum, fakstor kesadaran masy dan faktor sistem hukum itu sendiri.

Adapun upaya upaya kita dalam meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dapat dilakukan melalui tindakan dan pendidikan.

Penyuluhan hukum melalui pendidikan dapat dilakukan dari tingkat rendah mulai dari TK hingga perguruan tinggi. Kampanye peningkatan kesadaran hukum  harus kita lakukan secara terus menerus untuk kedepan Indonesia lebih baik.(wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

46 Responses to "PANTURA MEMUNGKINKAN TUMBUH KEMBANGNYA KELOMPOK RADIKALISME,,,"

  1. Pingback: XXX

Comments are closed.