Panwas Temukan Data Ribuan Pemilih Bermasalah

by
Foto: Komisioner KPU Jepara Subchan Zuhrie saat memantau uji publik DPS di Balaidesa Lebuawu Kecamatan pecangaan, beberapa waktu lalu. (Zacky/isknews.com)

Jepara, ISKNEWS.COM – Panwaslu Kabupaten Jepara menemukan ribuan data pemilih yang bermasalah di Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur Jateng 2018. Ratusan diantaranya bahkan Tidak Memunuhi Syarat (TMS) lantaran beberapa sebab seperti meninggal dunia hingga pindah domisili.

Ketua Panwaslu Kabupaten Jepara, Arifin mengatakan, pencermatan yang dilakukan tersebut menemukan sebanyak 1.392 data pemilih yang terindikasi bermasalah. Sebanyak 589 nama terindikasi kuat TMS. Ribuan data pemilih yang bermasalah itu sudah direkomendasikan ke KPU untuk ditindaklanjuti. “Pencermatan ini dilakukan jajaran panwas mulai dari tingkat desa hingga kabupaten,” katanya.

TRENDING :  Polisi Tetap Lanjutkan Kasus Zaenal, Penyerang Polisi di CFD

Dari ribuan data pemilih yang bermasalah tersebut, lanjut Arifin, ditemukan pemilih ganda identik (kesamaan nama, NIK, Nomor KK, alamat, dan lainnya) sebanyak 481 pemilih. Ditemukan pula kesalahan penulisan nama pemilih sebanyak 11 pemilih, kesalahan alamat sebanyak 124 pemilih, kesalahan tulis data sebanyak 92 pemilih dan elemen tidak lengkap lainnya sebanyak 72 pemilih.

Sementara untuk pemilih terindikasi kuat tidak memenuhi syarat yakni sebanyak 18 pemilih tidak dikenal, pemilih tidak cukup umur sebanyak lima orang dan pemilih yang telah meninggal dunia 489 orang. Ditemukan pula pemilih yang pindah domisili sebanyak 95 pemilih.

TRENDING :  66 Persen Bidang Tanah di Jepara Belum Terdaftar
KOMENTAR SEDULUR ISK :