Panwas Temukan Ribuan Data Ganda Pada DPS di Kudus

by
Foto: Suasana Uji Publik pengumuman DPS di Kecamatan Kota beberapa waktu lalu. (Yuliadi Mohammad/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kudus menemukan ribuan data pemilih ganda pada daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada 2018 yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus beberapa waktu lalu.

Data ganda tersebut ditemukan setelah Panwaskab Kudus mengecek DPS menggunakan aplikasi data ganda. Hasilnya ditemukan sebanyak 1.928 nama pemilih pada DPS untuk Pilkada serentak 2018 di Kudus yang terindikasi ganda.

TRENDING :  Gakkumdu Klarifikasi Pejabat Pemprov Diduga Terlibat Kampanye

Ketua Panwaskab Kudus, Moh Wahibul Minan menjelaskan, dari 1.928 nama pemilih di DPS tersebut, terdapat nama pemilih yang terindikasi ganda lintas desa dan lintas kecamatan. Ada pula yang ganda nama, nomor induk kependudukan (NIK), tanggal lahir serta ada yang ganda nomor KK.

Jumlah tersebut tersebar di sembilan kecamatan dengan jumlah nama terindikasi ganda terbanyak terdapat di Kecamatan Jati yang mencapai 378 nama. Sedangkan paling sedikit di Kecamatan Undaan hanya 71 nama yang menyangkut ganda pada nomor KK, NIK, nama dan tanggal lahir yang tercatat sebanyak 1.650 nama.

TRENDING :  Pintu Masuk Ke Jalan Menara Kudus Belum Dibuka Penuh

“NIK, nama dan tanggal lahir hanya tercatat sebanyak 239 nama. Sedangkan ganda lintas desa tercatat sebanyak 33 nama dan lintas kecamatan tercatat sebanyak enam nama,” katanya, Jum’at (06-04-2018).

TRENDING :  Peringati 1 Dasawarsa Kudus Rescue, Yulian: Satu Tekad, Satu Juang Untuk Kemanusiaan
KOMENTAR SEDULUR ISK :