Panwaslu 9 Kecamatan Umumkan Nama Calon Anggota PPD/PPL Lolos Tahap Seleksi Administratif

oleh
Rapat koordinasi perekrutan PPD/PPL dengan Panwascam Divisi SDM dan Organisasi (Foto : Istimewa)

Kudus, isknews.com – Tahapan seleksi administratif atas hasil seleksi perekrutan Panitia Pengawas Desa dan kelurahan (PPD/PPL) telah selesai dilaksanakan kemarin oleh para anggota panwascam di 9 kecamatan sekabupaten Kudus.

Hasil pengumuman tersebut juga sudah terpampang di di Kantor Panwaskab Kudus atau di Balai Desa dan Balai Kelurahan se Kabupaten Kudus serta di Medsos Panwas Kudus https://www.facebook.com/panwas.kabkudus.58.

Pengumuman peserta rekrutmen PPD/PPL yang terpampang di Balai Desa Dan Balai Kelurahan se Kudus

Hari ini dan besok 4-5 Januari sesuai tahapannya Panwaskab Kudus memberikan kesempatan kepada warga untuk menyampaikan tanggapan atas nama-nama yang masuk dalam daftar calon pengawas yang telah lolos pada tahap pertama atau tahap administratif.

Hal tersebut disampaikan oleh Eni Setyaningsih Komisioner Panwas Kabupaten Kudus divisi SDM dan Organisasi di Kantornya, Kamis (04/01/18).

” Setelah kami membuka masa pendaftaran PPD/PPL sejak 23 hingga 28 Desember yang kami perpanjang pada tahap kedua 29 Desember 2017 hingga Januari 2018, tahapan selanjutnya adalah terhitung mulai hari ini kami menunggu pengaduan masyarakat atas nama-nama yang kami umumkan tersebut,” ujar Eni.

TRENDING :  Eni Setyaningsih: Rekrutmen 132 Anggota PPD/PPL Akan Diseleksi Secara Transparan Dan Profesional

Kemudian setelah tahapan tersebut mereka akan mengikuti seleksi berikutnya pada tanggal 6 hingga 9 Januari 2018 untuk test wawancara yang jadwalnya disesuaikan masing-masing kecamatan.

” Materi wawacara yang akan kami sampaikan nanti berupa penguasaan materi dan strategi pengawasan pemilu, sistem hukum, sistem politik serta peraturan perundang-undangan mengenai pemilu,” jelasnya.

” Tak hanya itu, kepada mereka nanti juga akan ada materi mengenai integritas diri, komitmen, motivasi dan komunikasi, kerjasama tim, kualitas kepemimpinan serta kemampuan berorganisasi dan juga pengetahuan muatan lokal,” tambahnya.

Tanggal 10 Januari 2018, hasil test wawancara tersebut akan kami umumkan yang dilanjutkan pada tanggal 14 januari 2018 kepada mereka yang lolos seleksi akhir akan dilakukan pelantikan PPD/PPL dari 132 desa sekabupaten Kudus.

TRENDING :  Bawaslu Jateng Pantau Tes Wawancara Rekrutmen Calon Anggota PPD/PPL

Berikut jumlah PPD/PPL di masing-masing kecamatan di wilayah Kabupeten Kudus, Jati (14 desa), Undaan (16 desa), Bae (10 desa), Kota (25 desa/Kelurahan), kaliwungu (15 desa), Mejobo (11 desa), Gebog (11 desa), Dawe (18 desa) dan Jekulo (12 desa).

Namun sebelum dilantik, sesuai amanat undang-undang, Perekrutan PPL merujuk UU no 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum kepada mereka para PPD/PPL yang lolos wajib menyerahkan Surat Keterangan Sehat Rohani dan Surat Keterangan Bebas Narkoba.

132 orang yang terpilih itu akan dilakukan tes narkoba oleh tim dari Polres Kudus, tgl 11 Januari 2018 mulai pukul 09.00 pagi dan tes kesehatan Rohani di laksanakan di Aula Gedung Arjuna RSUD Kudus yang akan dilaksanakan dalam 4 tahap mulai pukul 10.00 WIB sampe selesai.

Eni Setyaningsih Komisioner Panwaskab Kudus Divisi SDM dan Organisasi (Foto : YM)

“Beaya uji tes Narkoba dan kesehatan ruhani akan ditanggung oleh peserta dengan total untuk kedua test tersebut adalah sebesar Rp 300.000, dengan perincian Biaya tes narkoba sebesar Rp. 150.000,-dan beaya tes rohani sebesar Rp. 148.000,-” jelas Eni.

TRENDING :  PILBUP KUDUS : PKB Usung Tamzil-Hartopo

Tahap 1 : Tgl 10 Januari 2018 (40 orang : dari kec. Jati + kec. Undaan + kec. Bae ), Tahap 2 : Tgl 11 Januari 2018 ( 40 orang : dari kec. Kota + kec. Kaliwungu ), Tahap 3 : Tgl 12 Januari 2018 ( 40 orang : dari kec. Mejobo + kec. Gebog + kec. Dawe), Tahap 4 : Tgl 13 Januari 2018 ( 12 orang : dari kec. Jekulo)

” Diusahakan sebelum pelantikan tgl 14 Januari 2018 surat sehat rohani sudah jadi dan khusus yang melaksanakan tes rohani pada tanggal 11 Januari 2018 dimohon untuk melakukan tes narkoba dulu di kantor Panwaskab Kudus,” pungkasnya. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :