Parade Seribu Rebana Meriahkan Tahun Baru Hijriah

by
ISKNEWS.COM

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Pagelaran seni seribu rebana meramaikan acara Gebyar Tahun Baru Hijriah 1439 Kabupaten Jepara Tahun 2017. Acara ini digelar di Alun-alun Jepara, Rabu (20/9/2017) malam. Ribuan orang hadir untuk menyaksikan serta turut bershalawat saat gelaran tersebut.

Pagelaran seni rebana yang melibatkan ribuan pemain ini, kali pertamanya digelar pada kegiatan rutin tahunan ini. Selain sebagai wujud turut melestarikan budaya Islam yang telah melekat di masyarakat, parade 1.000 rebana ini sebagai wujud apresiasi kepada kelompok seni hadroh. “Untuk memberikan apresiasi kepada kelompok seni hadrah se-Kabupaten Jepara dengan bertujuan, dengan bersholawat di Jepara menjadikan Jepara ini selamat, sesuai dengan tema kegiatan ini Jepara Selamat Berkat Sholawat,” ujar sekretaris panitia pelaksana parade 1.000 rebana, Muhammad Miqdad.

ISKNEWS.COM

Lebih lanjut dia mengatakan, tujuan dari parade yakni untuk meningkatkan kecintaan terhadap Nabi besar Muhammad SAW dan menambah keberkahan. Parade 1000 rebana juga dalam rangka melestarikan kesenian Islam. “Dengan kita menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad melalui bacaan Sholawat lebih-lebih dengan iringan seni hadrah. Seni hadrah di Jepara ini, maka Jepara ini menjadi berkah dan kotanya menjadi selamat,” terang Miqdad.

TRENDING :  Blora Gelar Lomba Desain Branding Pariwisata

Ditanya soal apakah ada persiapan khusus bagi ribuan hadrah (pemain rebana) sebanyak ini, menurutnya tidak ada persiapan khusus. “Persiapan kita tidak ada persiapan khusus, jadi kita undang seni hadroh ini. Kita main bareng-bareng disini, jadi tidak ada gladi, gladinya di pra acara tadi,” tambahnya.

TRENDING :  Tradisi Shodaqoh Sego Kepel di Masjid Wali Loram Kulon

Pantauan dilapangan, sebelum dimulainya parade 1.000 rebana, diawali dengan Dongeng Islami bersama Kak Kempo dari Semarang. Pada kesempatan itu pula, tidak ketinggalan penyulutan kembang api, yang juga dinanti-nantikan peserta Gebyar Tahun Baru Hijriyah. Penyerahan santunan kepada 20 anak yatim, pembacaan tausiyah dari MUI Jepara, serta siraman rohani berupa mauidhoh hasanah oleh Habib Musthofa Alaydrus dari Tuban Jawa Timur, juga dihadirkan dalam menyemarakkan tahun baru hijriyyah tahun ini. (ZA)

TRENDING :  Diduga Korslet, Bus Jurusan Jepara-Bangsri terbakar

KOMENTAR SEDULUR ISK :