Partisipasi Pemilih Pemula Faktor Keberhasilan Pemilu

oleh

Kudus, isknews.com – Salah satu faktor dari keberhasilan terselenggaranya pemilu, adalah partisipasi pemilih pemula. Namun untuk mendorong diberi motivasi, agar pemilih pemula agar menggunakan hak suaranya dalam pemilu, perlu diberikan sosialisasi oleh penyelenggara pemilu, baik itu dari Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) maupun Komisi Pemilhan Umum (KPU).

Kepala Kesbangpol Kabupaten Kudus, Eko Dwi Jatmiko, saat dihubungi isknews.com, Kamis (04/01/18), di ruang kerjanya, mengatakan, di Kabupaten Kudus, sosialisasi pilkada untuk pemilih pemula, sudah dilakukan oleh Kesbangpol, sejak awal 2017 lalu. Pelaksanaan sosialisasi oleh tim Kesbangpol dengan menggelar acara yang mengundang perwakilan pelajar SMA/SMK/MA. Perwakilan yang diundang diutamakan yang sudah terdaftar sebagai pemilih pemula dalam pemilu atau pilkada 2018. Selain kalangan pelajar, penyelenggara juga menghadirkan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).
“Kegiatan sosialisasi oleh Kesbangpol untuk pemilih pemula itu, sudah kami selenggarakan sekitar 10 kali lebih.”

TRENDING :  Parenting SDIT Al-Islam Kudus, Elly Risman Beberkan Tips Lindungi Anak Kecanduan Game

Adapun maksud dan tujuan sosialisasi, lanjutnya, untuk menyebar luaskan informasi mengenai tahapan, jadwal dan program Pilkada, serta meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran Pemilih Pemula tentang hak dan kewajiban dalam pilkada.

TRENDING :  Minggu Besok Panwaslu Kirab Unjuk Kekuatan Di Wilayah Kudus

Hasil yang diharapkan dari sosialisasi, meliputi, tersebarnya informasi mengenai tahapan, jadwal dan program penyelenggaraan pilkada Kabupaten Kudus 2018,
meningkatkan pemahaman dan pengetahuan bagi Pemilih Pemula tentang beberapa hal teknis dalam menggunakan hak politik dan hak pilihnya dengan benar, pada penyelenggaraan pilkada Kabupaten Kudus 2018.

TRENDING :  Pengawas TPS Mulai Diseleksi

“Yang tidak kalah penting, meningkatkan kesadaran dan partisipasi pemilih pemula dalam menggunakan hak pilihnya, pada pilkada Kabupaten Kudus 2018.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :