Pasanan Ramadhan, Santri Pondok Pesantren Al-Qaumaniyah Jekulo Lahap Belasan Kitab

by
Pondok Pesantren Al-Qaumaniyah

Kudus, ISKNEWS.COM – Momen Ramadhan sangat pas untuk dijadikan bulan men-Charger iman seseorang. Apalagi bulan turunnya Al-Qur’an tersebut, bagi sebagian besar kaum muslimin saatnya berlomba-lomba dalam meningkatkan ibadah.

Tak terkecuali di berbagai pondok pesantren, selain menjalankan sholat tarawih dan tadarus, ada tradisi yang hingga kini bertahan. Yakni mengaji kitab kuning bersama atau masyhur dengan istilah Ngaji Pasanan.

TRENDING :  Putaran Kedua, Persijap Tambah Enam Pemain

Salah satunya diantaranya yang berlangsung di Pondok Pesantren Al-Qaumaniyah Kauman, Kecamatan Jekulo, Kudus Jawa Tengah.Selama Ramadhan 1439H tahun ini, para santri tekun mengikuti pengajian kitab yang dipimpin langsung oleh beberapa Kyai maupun ustadz, diantaranya KH. M. Mujib, kyai Yasin, kyai Khidhir dan ada juga ustadz Syarifudin, ustadz Imam Riyanto dan terakhir ustadz Ahmad Sabiqin.

Kegiatan pengajian pasanan di pondok yang berdiri sejak 1923 ini biasanya dilakukan selepas sholat asyar, sholat tarawih, setelah sholat dhuha dan setelah dhuhur. Terkecuali waktu Maghrib, karena para santri biasanya mengisinya dengan berbuka puasa, ada yang beli makanan sendiri, ada pula yang pergi ke Masjid Al Munawwarah yang letaknya tidak jauh dari pondok atau selatan Taman Bumi Wangi.

TRENDING :  Bersih Makam, Bertemunya Antarumat Jelang Ramadhan di Sukodono
KOMENTAR SEDULUR ISK :