Pasar Besito Baru Telah Siap Pakai Namun Hingga Kini Pedagang Belum Direlokasi

oleh -956 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Bangunan baru Pasar Besito, di Desa Besito, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, hingga kini belum ditempati. Padahal pasar baru yang selesai pembangunannya pada akhir Oktober 2015 lalu itu, secara fisik kondisinya sudah siap pakai, baik untuk los yang terdiri dari tiga unit, maupun kios sebanyak 47 unit.

Keterangan yang dihimpun isknews.com, dari sejumlah pedagang Pasar Besito, Kamis (19/2), menyebutkan hingga kini para pedagang belum menerima sosialisasi atau pemberitahuan, baik dari kepala pasar maupun dinas terkait, mengenai kapan akan direlokasi ke bangunan pasar yang baru itu. “Pada prinsipnya kami siap dipindahkan kapan saja. Persiapan yang butuhkan, adalah membuat tempat pendasaran, karena los di pasar baru itu masih terbuka, ” tutur seorang pedagang ikan, Narti, yang menempati salah lapak di los Pasar Besito lama.

Sementara itu, pantauan isknews.com di Pasar Besito baru, yang menempati tanah desa seluas sekitar 5-6 hektar itu, keadaannya sepi dan tidak ada aktivitas. Tertundanya relokasi, diduga masih adanya beberapa kekurangan pada pasar itu, yakni belum adanya pagar keliling, landasan parkir yang masih berupa tanah yang dikeraskan, ditambah belum adanya jaringan listrik.

Pasar Besito baru, dibangun dengan menelan beaya sebesar Rp 3.310.300.000, sumber dana dari APBD Kabupaten Kudus TA 2015. Bangunannya berupa los tiga unit masing-masing berukuran 36 x 14 meter, dan kios sebanyak 47 unit dengan ukuran masing-masing 3×3 meter. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :