Pasar Besito Mulai Dibangun

Pasar Besito Mulai Dibangun

KUDUS, isknews.com – (03/11) Pasar Besito, Kudus, mulai dibangun, di atas tanah bondo deso setempat. Pasar yang nantinya merupakan bangunan baru, pengganti pasar lama itu, pembangunannya menelan beaya sebesar Rp 3.310.300.000, dimulai akhir Oktober, dan ditargetkan akan selesai pada 20 Desember 2015.

Pantauan isknews.com, di lokasi, Senin (2/10), pembangunan Pasar Besito di atas tanah seluas sekitar 6 hektar itu, dimulai dengan pembuatan kios-kios di bagian depan, berderet dari arah barat ke timur. Sedangkan di bagian halaman, masih dalam proses pengurugan, dan bagian samping yang sebagian sudah diurug, sedang dalam proses pemerataan, dengan menggunakan alat berat.

Kepala Pasar Besito, saat dihubungi sedang tidak ada di tempat. Menurut seorang staf yang sedang bertugas, kepala kantor sedang rapat di kantor SKPD terkait. Dari seorang pedagang diperoleh keterangan, jumlah kios di pasar tersebut sebanyak 47 unit, sedangkan jumlah pedagang sekitar 500-600 orang. Mereka semua , yakni pedagang, termasuk yang menempati kios, nantinya akan boyongan di tempat yang baru, setelah pasar selesai dibangun.

Seperti diberitakan di isknews.com, proyek revitalisasinya bukan merehabilitasi bangunan lama, melainkan merelokasi pasar tersebut, dengan membuat bangunan baru, di atas tanah bondo deso milik Desa Besito.

Letak atau posisi Pasar Besito yang lama itu, jaraknya sekitar 4-5 meter dari batas jalan raya, tidak memungkinkan kalau direvitalisasi seperti pasar-pasar lannya, karena peraturan yang berlaku, letak bangunan batasnya dari jalan raya minimal 12,5 meter. Kalau dipotong sepanjang itu, bangunan Pasar Besito bisa habis, hanya tersisa beberapa meter. Sehingga kalau seandainya dibangun bertingkat, pedagangnya akan berdesak-desakan.

Dengan adanya kondisi seperti itu, satu-satunya jalan adalah merelokasi Pasar Besito itu. Untuk itu sudah tersedia lahan yang letaknya di belakang pasar, berjarak sekitar 300 meter dari bangunan pasar. Melihat luas tanah tersebut, diperkirakan cukup untuk mendirikan bangunan pasar baru. “Kebutuhan tanah untuk merelokasi Pasar Besito, sekitar 5 – 6 hektar. Untuk pelaksanaan pembangunannya, diusahakan dalam Oktober 2015 ini. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
/div>
BACA JUGA :  Kelompok Bahan Bakar Alami Inflasi 1,32 Persen

Share This Post