Pasar Desa Beketel Tawarkan Kuliner Khas Tempo Dulu

Pasar Desa Beketel Tawarkan Kuliner Khas Tempo Dulu

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Desa Beketel Kecamatan Kayen merupakan salah satu Desa di Kabupaten Pati yang berada dilereng Pegunungan Kendeng. Desa yang berjarak Puluhan kilometer dari Pusat Kota Pati memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah Pasar Desa yang dikenal oleh masyarakat sekitar pasar hasil bumi, karena pasar yang sejak tahun 1963 menjual hasil-hasil pertanian oleh masyarakat setempat. Hal tersebut di sampaikan kepala desa Sutikno di kediamanya, Kamis (6/4).

Sebelumnya Pasar Desa sempat tidak dipergunakan untuk kegiatan jual beli, namun setelah mendapatkan bantuan dari Presiden untuk revitalisasi, pasar tersebut sekarang menjadi tempat transaksi jual beli kebanggaan masyarakat sekitar. Jelas Sutikno.

Lanjut, diharapkan adanya pasar desa bisa menjadi identitas desa, ” kami optimis hal itu bisa terwujud karena pasar desa ditempat kami menjual berbagai kebutuhan sehari-hari, jadi tidak harus jauh-jauh ke kota kalau hanya sekedar mendapatkan kebutuhan sehari-hari.” Ungkapnya.

TRENDING :  Antisipasi Kekeringan, Pemkab Pati Siapkan 400 Tangki Air Bersih

Selain menjual kebutuhan sehari-hari, Pasar Desa Beketel juga menawarkan berbagai citra rasa kuliner khas dengan menu tempo dulu, seperti Nasi Tewel, Nasi Semur, Nasi Kukus Tempe, Nasi Sambel trasi, Nasi Penyet dan beberapa menu lainya.

TRENDING :  Pati Krisis ASN

Kepala Desa juga menjelaskan, kedepan Pasar Desa bisa menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Pemerintah Desa (PADes), pasar desa bisa menjadi pundi-pundi dana desa yang berasal dari retribusi para pedagang dan penjual jasa yang beraktivitas didalam dan sekitar pasar desa.

Rencana, kedepan pasar ini akan kami kembangkan dengan melengkapi fasilitas baik sarana dan prasarana yang dibutuhkan para pelaku pasar. Sehingga dikemudian hari pasar ini tidak hanya menjadi transaksi jual beli saja, namun bisa memberikan kesan setiap pengunjung sebagai tempat wisata.

TRENDING :  Bupati Pati Haryanto Dan IKKP Jakarta Halal Bihalal dan Singgung Potensi Kabupaten Pati

“Tidak menutup kemungkinan kalau pasar desa kami bisa menjadi tempat wisata, karena nantinya akan kami bangun fasilitas penunjang untuk pengunjung supaya betah berlama-lama untuk melakukan kegiatan jual beli. Kami sudah punya modal, yaitu potensi alam yang sangat indah ada air terjun danau dan potensi alam yang lain.” Tutup Sutikno. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Post Comment

*