Pastikan Dengan Adanya Dana BOS, Sekolah Di Kudus GRATIS!!!

oleh

Kudus, isknews.com- Bantuan Operasional Siswa (BOS) adalah program pemerintah yang pada dasarnya adalah untuk penyediaan pendanaan biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. Berdasarkan PP 48 Tahun 2008 Tentang Pendanaan Pendidikan, biaya non personalia adalah biaya untuk bahan atau peralatan pendidikan habis pakai, dan biaya tak langsung berupa daya, air, jasa telekomunikasi, pemeliharaan sarana dan prasarana, uang lembur, transportasi, konsumsi, pajak, asuransi, dll.

Namun demikian, ada beberapa jenis pembiayaan investasi dan personalia yang diperbolehkan dibiayai dengan dana BOS.Dana Bos untuk daerah Kabupaten Kudus sudah mulai diberikan ke semua sekolah – sekolah kabupaten Kudus. Dana Bos diperuntukkan untuk membiayai investasi sekolah, sarana ketenagaan dan biaya operasional (SPP).

TRENDING :  Antisipasi Banjir, Lantai Gedung Perpustakaan SD 3 Jati Wetan Ditinggikan

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabapaten Kudus Joko Susilo Melalui Kepala Pendidikan Dasar Kasmudi saat ditemui isknews.com kemarin Selasa (18/08) mengatakan bahwa “Di Kudus sekolah gratis tanpa biaya sepeserpun, kecuali untuk biaya pribadi seperti seragam dan buku sekolah” ungkapnya.

Selain itu Kadikdas juga menambahkan jika ada sekolah yang masih tetap membebankan biaya operasional pada siswa segera laporkan ke pihak terkait Dinas Pendidikan dan Olahraga agar segera ditindaklanjuti.

“Jika ada sekolah yang membebankan biaya kepada siswa segera laporkan” Imbuhnya.

Dengan BOS semua anak yang orang tuanya kurang mampu bisa sekolah selama 12 tahun (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK) apalagi adanya Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang sebelumnya diterbitkan oleh Presiden, sehingga dalam hal ini meringankan beban siswa untuk bersekolah meskipun orang tuanya tidak mampu.

BOS dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang bisa membantu anak bangsa diharapkan kedepannya anak Indonesia bisa menjadi penerus bangsa yang cerdas , pintar dan mengantarkan Indonesia menjadi negara power, mandiri,dan bermartabat.(Amalia Z/Sholihul U/Red)

KOMENTAR SEDULUR ISK :