PDAM Kudus Targetkan Pelayanan Air Curah Bisa Meningkat

oleh
Direktur Utama PDAM Kudus, Ayattullah Humaini. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Dengan menejemen baru, Direktur Utama PDAM Kudus, Ayattullah Humaini berharap target pelayanan air curah bisa meningkat. “Jika pada hari biasa melayani sekitar 80-100 rit truk tangki. Dengan sistem baru ini, diharapkan dapat melayani 150 rit truk tangki per hari,” ungkapnya kepada awak media, Selasa (7/5/2019).

Peningkatan pelayanan air curah, lanjutnya, tidak akan menggangu layanan untuk rumah tangga. Karena, pihaknya telah menerapkan sistem pembagian waktu pelayanan. “Pelayanan air curah hanya dilakukan pukul 01.00 – 04.00 WIB. Selebihnya, untuk layanan rumah tangga,” terangnya.

TRENDING :  Sukseskan Upsus Pajale, Petani Besito Ikuti Gerdal OPT

Saat ini permintaan air curah dari Kudus dan sekitarnya terus meningkat. Hal ini merupakan imbas dari penutupan usaha ilegal beberapa waktu lalu. “Nantinya saya akan berkonsentrasi ke depan di air curah. Karena Perda sudah jelas melarang pemakaian air permukaan,” katanya.

TRENDING :  Realisasi PAD Kabupaten Kudus TA 2017 Melebihi Target

PDAM Kudus berencana memasang 15 tandon di dekat reservoar terminal curah yang terletak di Desa Puyoh, Kecamatan Dawe.

Pemasangan tandon di maksud supaya air curah PDAM Kudus tidak hanya memenuhi permintaan air dari Kudus dan Grobogan. Akan tetapi bisa memperluas cakupannya.

TRENDING :  Manisan Kedondong, Bawa Kita Bernostalgia ke Era 90-an

Selain itu, hal tersebut juga dimaksudkan untuk mengurangi Non-Revenue Water (NRW) atau air yang tidak berekening dari sumur petir. “Sumur petir pipanya tidak bisa ditutup. Kalau ditutup akan pecah. Jadi kalau belum ada truk tangki yang antre maka air dari sumur itu akan tumpah,“ pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :