Pecinta Mangrove Dilatih Olah Hasil Perikanan Bandeng

oleh

Pati, ISKNEWS.COM – Sedikitnya 60 peserta dari Kecamatan Tayu, Margoyoso, Trankil, dan Wedarijaksa, Pati mendapatkan pelatihan pengolahan hasil perikanan, Senin, (30-07-2018).

Pelatihan dilakukan di Desa Kertomulyo, Kecamatan Margoyoso tersebut dimaksudkan supaya kelompok mangrove dapat mengolah hasil perikanan seperti bandeng menjadi bernilai ekonomi tinggi.

Seperti diolah menjadi rolade, bakso, nugget, maupun sempolan. Peserta pun diajak mempraktikkan ilmu yang didapatkan

TRENDING :  Wayang Golek Desa Kudur Aset Budaya Pati Yang Terabaikan

Perihal tersebut disampaikan, Titik Sri Widyastuti, Kasi Kerjasama Antardesa dan Pengembangan Kawasan Perdesaan pada Dispermades Kabupaten Pati. Menurutnya, pelatihan ini diharapkan kelompok mangrove dapat mengolah dan mengembangkan usaha di bidang perikanan.

“Sebenarnya ini sebagai proses awal. Kami berharap nantinya merekapun bisa mengembangkan lagi. Entah dari segi jenis ikan yang lain maupun jenis makanan olahannya,” terangnya.

TRENDING :  Warga Karangwotan Meninggal Dunia di Atas Genteng

Titik juga mengemukakan, hal ini dilakukan pemerintah sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat pesisir, dalam melestarikan mangrove dan juga memiliki ketrampilan dalam pengolahan ikan.

“Sehingga dari sisi lingkungan tergali serta ekonomi juga dapat ditingkatkan. Apalagi bahan bakunya tentu sangat mudah mereka dapatkan,” lanjutnya.

TRENDING :  Pastikan Data Pemilih Pilgub, Penghuni Lapas Kelas II Pati Rekam E-KTP

Dirinya juga mengupayakan agar program seperti ini dilakukan secara berkelanjutan, bahkan dilakukan juga cara pemasaranya.

“kami akan berupaya untuk melakukan kegiatan seperti ini, Bahkan diharapkan tahun mendatang bisa digelar pelatihan lanjutan seperti langkah pemasaran maupun tata cara pengemasan yang menarik,” pungkasnya. (WR/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :