Pekerjaan Beresiko Tinggi, Pengusaha Wajib Berikan Peralatan K3

KUDUS, isknews.com – Hal yang sangat penting dan perlu menjadi perhatian bagi pengusaha, adalah keselamatan kerja karyawan  atau pekerjanya. Karena kalau sampai terjadi kecelakaan kerja, menjadi  tanggungan pihak pengusaha, atau dengan kata lain, pihak pengusahalah yang harus  bertanggung jawab.  Terutama di bidang pekerjaan yang beresiko tinggi, untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, pengusaha wajib menyediakan atau memberikan perlengkapan peralatan kesehatan keselematan kerja  (K3) bagi perkerjanya.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Transimigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Kudus, Luthful Hakim, yang dihubungi isknwes.com, di  ruang kerjanya, Selasa (2/8), mengatakan hal itu. Menurut dia, karena tuntutan  perkerjaan yang harus dijalani, banyak pekerja baik disektot formal dan non fomal, banyak pekerja yang kesehariannya bekerja di bidang perkerjaan yang beresiko tinggi yang rawan dengan terjadinya kecelakaan  kerja.

Baca Juga :  Ancaman Banjir Di Musim Hujan Kecamatan Jekulo, Waspadai Luapan Sungai Piji dan Sungai Logung

Dia mencontohkan, di sektor formal, di  gedung-gedung perkantoran bertingkat, para pekerja bagian cleening service, saat membersihkan kaca-kaca jendela, harus bergelantungan atau naik tangga besi yang papan pijakannya sempit. Sementara yang di sektor non formal, para pekerja di proyek pembangunan gedung bertiingkat, jembatan dan lain sebagainya, juga mengalami  hal yang sama dan mereka semua itu  sering kali tanpa memakai peralatan keselematan kerja. “Pemantauan kami di lapangan, bukannya para pekerja itu mau memakai peralatann K3, tetapi sebagian besar dari pihak pengusaha, tidak menyediakan atau memberikan peralatan K3  tersebut,” katanya.

Baca Juga :  Dedikasikan Diri Untuk Kemanusiaan BPBD Bersihkan Sungai Dawe Malam Hari

Lutful yang didampingi Kepala Bidang Hubungan Industrial,  Wisnu, selanjutnya menegaskan, untuk mencegah sedini mungkin terjadinya kecelakaan kerja, menjadi kewajiban pengusaha untuk menyediakan peralatan K3  yang standart, yakni pelindung kepala atau helm, kaos tangan, tali pengaman dan sepatu  boot.  Di pihak pekerja, peralatan keselamatan kerja itu menjadi haknya, karena itu harus berani mananyakan atau meminta, jika  pengusaha tidak menyediakannya.

Baca Juga :  AKIBAT HUJAN TAK KUNJUNG REDA KANTOR LAKA LANTAS POLRES PATI NYARIS TERGENANG AIR

“Kalau yang dijadikan alasan pihak pengusaha karena tidak ada dalam RAB, ada anggaran atau tidak ada anggaran, pihak pengusaha tetap wajib menyediakaan peralatan K3.” (DM)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?