Pelajar MAN 1 Kudus dapat wawasan tentang ESQ

Pelajar MAN 1 Kudus dapat wawasan tentang ESQ
Isknews.com, Kudus – Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus menggelar pendidikan ESQ bagi siswa siswi nya kelas X dan XI. Pendidikan ESQ sendiri di pelopori motivator dari Semarang.
 
Zulaikha kepsek MAN 01 Kudus saat di temui Isknews.com menjelaskan jika pelatihan ini bertujuan sebagai suntikan semangat utk melanjutkan siswa siswi ke universitas, kerja, kuliah, seperti yang telah di lakukan para alumni MAN 01 Kudus.
 
Seperti di ketahui, Kecerdasan emosional (EQ) adalah kemampuan pengendalian diri sendiri, semangat, dan ketekunan, serta kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustrasi. Sementara kecerdasan spiritul (SQ) tidak mesti berhubungan dengan agama. SQ adalah kecerdasan jiwa yang dapat membantu seseorang membangun dirinya secara utuh. SQ tidak bergantung pada budaya atau nilai. Tidak mengikuti nilai-nilai yang ada, tetapi menciptakan kemungkinan untuk memiliki nilai-nilai itu sendiri. kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang berasal dari dalam hati, menjadikan individu kreatif ketika dihadapkan pada masalah pribadi, dan mencoba melihat makna yang terkandung di dalamnya.
 
Jadi ESQ (Emotional Spiritual Quotient) merupakan gabungan EQ dan SQ, yaitu Penggabungan antara pengendalian kecerdasan emosi dan spiritual. Manfaat yang bisa di dapat adalah tercapai nya keseimbangan antara hubungan Horizontal (manusia dengan manusia) dan Vertikal (manusia dan Tuhan). Melalui ESQ, terutama bagi para pelajar supaya lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks. (‎Jivan‬)
KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Lomba Rebana Jadi Bagian dari Kemeriahan Festival Maulid UMK

Share This Post