Pelajar SMK Assa’idiyyah Kudus Kembangkan Usaha Kripik Selada

by
ISKNEWS.COM
Siswi SMK Assa'idiyyah Kudus yang tengah membuat kripik selada. Rabu (25-07-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Mulanya iseng membuat cemilan dari daun selada, siswa-siswi jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura (ATPH), SMK Assa’idiyyah Kudus, justru laris manis kebanjiran order kripik selada. Kripik dari sayur yang mereka jual dengan harga Rp. 500 – 1.000 ini ternyata diterima baik oleh masyarakat.

TRENDING :  Kosong, 2 Jabatan Kepala 2 UPT Pendidikan Kecamatan Di Kudus

Ketua Jurusan ATPH, Alik Muchtarom mengatakan gagasan pembuatan kripik selada muncul pada awal bulan ini. Kripik merupakan pengalihan dari usaha jual beli selada segar yang selama ini dilakukannya.

“Sebenarnya, kami menjual selada segar ke sejumlah penjual burger dan kebab. Namun, pada awal bulan ini, selada kami sepi order. Sehingga banyak selada yang menumpuk di green house hingga beberapa hari. Jika dipaksakan dijual ke pasaran, tentu kualitasnya sudah tidak bagus dan tak layak kosnusmsi,” cerita Alik, Rabu (25-07-2018).

TRENDING :  Tumpang Krasak Dari Kata Temumpang Dan Kemrasak

Lanjutnya, “Dari pada terbuang sia-sia, selada itu kemudian kami jual dalam bentuk kripik. Mulanya coba-coba untuk konsumsi sendiri, berhubung rasanya lumayan. Lalu coba kami jual ke area sekitar sekolah dan pasarkan melalui facebook,”

TRENDING :  180 Santri Dari 18 Ponpes di Kudus Ikuti Perkemahan Pramuka Santri Daerah

KOMENTAR SEDULUR ISK :