Pelanggar Lalu Lintas di Traffic Light Terpantau CCTV MTC Dishub Kudus

oleh
CCTV MTC
Plt Kepala Dinas Perhubungan Kudus Sam'ani Intakoris melakukan pemantauan di ruang MTC untuk memantau pelanggar lalu lintas di traffic light. (Mukhlisin/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Kesadaran pengendara dalam menaati peraturan lalu lintas di Kudus masih perlu ditingkatkan. Terutama kesadaran ketika berada di traffic light. Seringkali akibat tidak menghiraukan lampu pengatur jalan tersebut banyak pengendara yang mengalami kecelakaan.

Karena banyaknya pelanggaran di traffic ligth, sebagian traffic light di Kudus yang menjadi titik rawan dipasangi closed circuit television (CCTV) Monitoring Traffic Control (MTC). Hal itu dimaksudkan untuk memantau ketertiban para pengendara.

Bahkan, di beberapat titik lainnya sudah dipasangi pengeras suara. Jika pengendara nekat melanggar akan langsung ditegur petugas melalui pengeras suara. Teguran itu dilakukan oleh petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus.

TRENDING :  Dinas Perhubungan : Juru Parkir Tidak Berseragam Merah Merah Saya Suruh Pulang

Seperti yang terpantau di ruang monitoring di kantor Dishub Kuus belum lama ini, ada pengendara yang berhenti di marka traffic light SMP 2 Kudus. Petugas langsung melakukan teguran dan mengimbau agar mundur di belakang garis pembatas atau marka.

Contoh lainnya di traffic light Penthol ada mobil yang hendak parkir sembarangan juga tak luput dari teguran. “Dengan adanya CCTV MTC ini diharapkan dapat mendisiplinkan masyarakat yang berkendara di jalan,” kata Plt Kepala Dishub Kudus Sam’ani Intakoris.

TRENDING :  Terminal Jetak Kaliwungu Akan Naik Grade Dari Tipe B Menjadi Tipe A

Saat ini, lanjutnya, CCTV yang ada pengeras suaranya terpasang di enam tiitk yakni traffic light Kencing, Penthol, Jember, Proliman, SMP 2 Kudus, dan Pasar Bitingan. Petugas di ruang MTC akan memantau dan memberikan peringatan bagi para pengendara yang nekat melanggar.

“Sejak dimulai awal Mei 2018 lalu para pengendara yang biasanya melanggar mulai jera, banyak yangberfikir ulang jika melanggar karena pengeras suara langsung berbunyi keras,” ujarnya.

CCTV MTC ini tidak hanya bisa dipantau oleh Dishub Kudus saja, Satlantas Polres Kudus juga bisa memantau karena di kantor Satlantas juga dipasangi monitor. Hanya saja untuk pengendali atau yang menegur hanya bisa dilakukan dari ruang MTC Dishub Kudus.

TRENDING :  Dishub Kudus Berbagi Kebahagiaan Bersama Puluhan Anak Yatim

Bahkan ponsel milik Sam’ani juga bisa melakukan pemantauan karena sudah terkoneksi dengan sistem. “Semoga saja ke depannya CCTV MTC ini dapat membantu Satlantas Polres Kudus untuk menindak pelanggar lalu lintas, agar bisa lebih tertib demi keselamatan bersama,” pungkasnya. (MK/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :