Pelunasan BPIH Calhaj Kudus Ditarget Selesai Pekan Ini

Pelunasan BPIH Calhaj Kudus Ditarget Selesai Pekan Ini

Kudus, ISKNEWS.COM – Tahapan pelunasan besaran biaya perjalanan ibadah haji (BPIH), yang dibagi menjadi dua tahapan. Tahap pertama dilakukan pada 10 April sampai dengan 05 Mei 2017, dan tahapan kedua dimulai 22 Mei hingga 02 Juni 2017.

Tahap dua dengan tambahan persyaratan yakni jamaah haji reguler dengan nomor porsi yang sudah terdaftar, mereka yang sudah haji boleh melunasi namun juga harus sesuai dengan persyaratan, kemudian apabila ada porsi kosong bisa diisi oleh lansia dengan usia minimal 75 tahun, hanya saja ini sebatas usulan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kementerian Agama Kudus, Noor Badi, Rabu (24/05/2017), kepada ISKNEWS.COM. Dikatakannya besaran BPIH tahun ini yang dilunas Rp 35.664.700, sedangkan untuk kuota haji Jawa Tengah yang berangkat tahun ini ada 30.225 orang calon jamaah haji, dan jumlah calhaj Kudus yang berangkat estimasinya sebanyak 1.240 orang.

TRENDING :  1.315 Calhaj Asal Kudus Diberangkatkan ke Tanah Suci

Selanjutnya bagi mereka yang sudah haji boleh melunasi namun juga harus sesuai dengan persyaratan. “Apabila ada porsi kosong bisa diisi oleh lansia dengan usia minimal 75 tahun, hanya saja ini sebatas usulan, dan kami berharap calon jamaah haji bisa melunasi BPIH tepat waktu,” tandasnya.

TRENDING :  Rp 222 M Lebih, Tunjangan Profesi Untuk Guru PNSD Kudus Bersumber Dari APBD II

Mengenai calon jamaah haji yang sudah melunasi sampai dengan hari ini, ia mengatakan dari data yang masuk hingga Kamis (13/04/2017) sudah ada 529 orang. Dia berharap pekan ini semuanya sudah melunasi.

Dari hasil laporan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tahap pertama yang berlangsung pada tanggal 10 April sampai dengan 5 Mei diketahui bahwa 70 orang calon jamaah haji (calhaj) tidak melunasi BPIH, dari estimasi jumlah calhaj yang berhak melunasi yakni 1.241 orang calhaj dengan pertimbangan tidak melunasi cukup beragam, namun dinilai hal tersebut masih dalam batas wajar.

TRENDING :  Takbir 1000 Obor Sambut Idul Fitri 1 Syawal 1438 H

Menurutnya beragam alasan tidak melunasi BPIH, mulai dari belum adanya persiapan pelunasan karena alasan finansial, kemudian menunggu anggota keluarga agar bisa berangkat haji bersama, dan ada beberapa yang meninggal.

“Namun demikian kami sudah memberikan imbauan sebelumnya, agar calhaj segera melakukan pelunasan BPIH bagi mereka yang memiliki nomor porsi tahun ini,” paparnya.

Pihaknya juga menjelaskan kembali mengenai besaran BPIH tahun adalah Rp 35.664.700. “Dengan nomor porsi terakhir, 1100470661,” jelasnya. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Post Comment

*