Pemantapan Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas

oleh
ISKNEWS.COM
Foto: Rehabilitasi sosial di Aula Kecamatan Tlogowungu yang diikuti para penyandang disabilitas, Selasa (17-04-2018). (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Pemantapan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas dilakukan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pati di Aula Kecamatan Telogowungu, Selasa (17-04-2018). Dari kegiatan tersebut diharapkan para penyandang disabilitas tidak minder dalam melakukan interaksi sosial di masyarakat.

Kepala Bidang rehabilitasi dan Jaminan Sosial Dinsos Pati, Rinda Ardiyani mengatakan, rehabilitasi sosial adalah suatu proses kegiatan pemulihan secara terpadu, baik fisik, mental maupun sosial. Sehingga, para mereka bisa lebih percaya diri dan tidak minder berhadapan dengan orang lain.

TRENDING :  Akhirnya Haryanto – Saiful Arifin Resmi Dilantik Gubernur Jateng

“Kegiatan ini sangat penting. Sebab, kami tidak hanya menghadirkan narasumber dari Dinsos saja, tetapi ada juga yang dari RSUD Soewondo untuk memberikan motivasi kesehatan kepada para penyandang disabilitas,” ungkapnya.

TRENDING :  Timun Miyabi Asal Pati Diekspor Ke Negeri Sakura
ISKNEWS.COM
Foto: Rehabilitasi sosial di Aula Kecamatan Tlogowungu yang diikuti para penyandang disabilitas, Selasa (17-04-2018). (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Selain itu, juga menghadirkan pelaku usaha untuk memberikan keterampilan wirausaha kepada penyandang disabilitas. Harapannya, usai mendapatkan pelatihan tersebut, mereka dapat mengembangkan usaha sehingga mampu berwirausaha secara mandiri.

“Program ini sifatnya berkelanjutan. Setelah mereka diberikan pelatihan, nanti juga akan kami berikan modal usaha, baik berupa bantuan alat ataupun kapital,” imbuhnya.

TRENDING :  WADUK GUNUNG ROWO PATI JEBOL.

Pelatihan diikuti oleh 90 penyandang disabilitas dari empat kecamatan, yakni Kecamatan Tlogowungu, Gembong, Margoyoso, dan Gabus. Rata-rata mereka adalah penyandang disabilitas yang masih berusia produktif. (IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :